Merajut Tenun Keacehan

By Si Anak Rimo - March 19, 2016


Bagaimana jika seseorang yang kau rahasiakan, ternyata juga merahasiakanmu dalam hatinya ? Ada banyak kisah menarik dari para purna PM gerakan Indonesia Mengajar di berbagai daerah penempatan. Berangkat dengan status jomblo dan ketika pulang sudah punya idaman hati. Ups lupakan urusan hati. Salah satu tokoh pendidikan Indonesia Pak Arief Rahman Hakim pernah berkata saat mengisi pembekalan kepada para PM. Di daerah penempatan kalian Akan merasakan jatuh cinta lagi. Banyak merasa mereka tak akan jatuh cinta lagi karena mereka tak lagi jomblo. Tapi setelah berada di penempatan ada banyak tumbuh cinta yang indah. Mulai dari cinta pada senyum polos anak anak pedalaman, cinta pada keasrian alam Indonesia, cinta pada pengajar muda lainnya alias cinlok kata banyak orang dst. 

Semua kisah menarik ini dituliskan dalam beberapa buku Indonesia mengajar yang ketika kita membacanya tak kuasa berkomentar. Saya sampai berpikir, ada yang sudah kerja dengan gaji puluhan juta keluar hanya untuk mengajar di pedalaman, ada yang lulusan master double degree luar negeri dst. Alasannya Simple, pengen bayar hutan buat Indonesia. Saya sudah minum air, tinggal ditanahnya, dan sekolah di negeri. Jadi pengen bayar hutang buat Indonesia. Ternyata urusan hati itu tak mudah. Jika tak dikelola dengan baik bisa gundah gulana kita. 

Semoga yang KKN tahun ini dapat menumbuhkan kembali cintanya, cinta pada tanah Aceh, cinta pada keindahan alam aceh dan cinta pada semua kondisi Aceh. Bukan kita yang banyak mengajar di desa tapi kita yang banyak belajar. Belajar menjaga perasaan, berkerja secara tim, belajar berbaur dengan masyarakat yang terkadang cara pandangnya berbeda dengan kita, dst.

  • Share:

You Might Also Like

0 komentar