Budiman dan Menjaga Mimpi

By Si Anak Rimo - March 19, 2016

Tokoh Muda yang banyak menyita waktu liburan ku di kampung, Mas Bud Ngakunya tak pinter menulis tetapi tulisannya dalam buku Anak - Anak Revolusi yang lebih seribu lembar benar benar menginspirasi. Usia muda namun memiliki keberanian yang luar biasa. Sejak kecil sudah belajar politik dan membaca buku buku politik dalam bahasa inggris. Beliau teman seangkatan mas Anies sewaktu di FE UGM. Saya benar - benar terinspirasi dari perjalanan hidup mu Mas. Buku Anak - Anak Revolusi penuh dengan pelajaran luar biasa tentang masa 20 tahun silam, kisah cinta sampai study mu ke London yang membuat pembaca penasaran. Benar juga, terkadang anak pertama selalu telat urusan cinta seperti kata mu Mas. Kita pasti ingat lagu anak anak " Hormati guru mu sayangi teman itulah tandanya kau murid Budiman ". Lirik ini diganti menjadi Kau murid Berprestasi karena memiliki kesamaan kata dengan nama tokoh muda ini yang berani melawan Orde Baru kala itu. Semoga ada tulisan terbaru beliau dalam tahun ini. 

Aku, Budiman dan Indonesia. Sepulang dari menyelesaikan study tahun 2004 di Inggris, Budiman pun bertemu dengan Megawati. Ini moment awal bergabungnya Mas Bud ke PDIP kala itu. Beliau diminta untuk belajar lebih dalam tentang nilai & garis pejuangan partai serta akar rumput Indonesia. Kisah hidup nya yang ia tuangkan dengan buku membuat aku semakin berani menjaga mimpi. Akhirnya beliau memutuskan untuk keliling Indonesia melalui jejaringnya semasa masih menjadi aktivis untuk belajar tentang Indonesia dan menyelesaikan tugas yang diberikan Kepadanya. Inilah salah satu hal yang mendasari ku untuk mengikuti langkahnya untuk berkeliling Indonesia. Bukan untuk tugas partai atau apapun, bukan juga untuk hanya menikmati keindahan alam dll, tapi ada mimpi yang menyarankanku untuk terus belajar dan bersilaturahmi dengan semua sahabat, teman sekampung halaman yang ada di pulau Jawa ini. 

Kesamaan ku dengan Mas Bud ialah kami hanya anak desa yang tak punya cukup uang untuk hal ini, tapi insya Allah semua dapat berjalan dengan baik. Bukankah ia telah setia menjaga mimpinya selama puluhan tahun dan berhasil, aku juga ingin mencobanya. kesamaan yang sedikit lucu waktu itu sih " when we think of marriage we feel very upset ". Tapi persiapan untuk biaya pernikahan tetap menjadi fokus kok. Alhamdulillah sekali jika bulan dua ini kesempatan itu diberikan, langkah ini akan semakin lebih mudah dan hemat. Dua bulan ini sambil belajar dan menunggu hasil juga terus bersilaturahmi. 

Betapa tulisan Budiman dalam buku itu mampu menggerakkan kaki ini untuk sama sama belajar mencintai Indonesia dan selanjutnya kembali ke tempat kita lahir dan tumbuh dewasa. Mungkin tak akan habis terwujud, tapi setidaknya aku sudah berani memulainya. Dan mimpi ini akan terus terjaga dan menyala selalu. Setidaknya aku punya kamu yang bisa mengingatkan ku jika aku lupa nanti. I hope One day i grow to be a brave man, Face all the challenge, enjoy the wonderful my adventure and we can meet and talk about @budimansudjatmiko life story. 

  • Share:

You Might Also Like

0 komentar