Senja di Pulau Aceh

By Si Anak Rimo - June 20, 2018


Dermaga Desa Rinon, Pulo Aceh
Beberapa tahun terakhir, tempat ini selalu mencuri ingatan tentang satu perjalanan dan menjadi tempat yang paling ingin dikunjungi. Tempat dimana sepotong rindu dan cinta itu tumbuh. Menghabiskan waktu senja di ufuk barat, menyelami jernihnya lautan dan menikmati keheningan malam tanpa listrik dan jaringan komunikasi. Sudut barat itu adalah sebuah desa Rinon di Pulau Aceh. 

Saya sudah 3 kali berkunjung ke tempat ini, mulai dari kegiatan bhakti sosial bersama Himpunan Mahasiswa Teknik Pertambangan Unsyiah, Survei lokasi travelling, hingga kunjungan relawan Turun Tangan Aceh di Desa Meulingge beberapa tahun lalu. Seluruh perjalanan itu memberi kesan yang indah untuk dikenang.

Saya percaya bahwa manusia juga membutuhkan kesendirian di sunyi nya senja dan sejuknya udara, siapapun dia dan apapun profesinya. Semua punya tempat favorit melepas kegaduhan dunia yang tak kunjung habis. Tempat ini adalah salah satu tempat favorit yang paling ingin aku kunjungi suatu saat nanti, bukan hanya tentang senja dan laut yang membiru, melainkan sepotong hati yang telah jatuh cinta pada suasana dermaga di barat negeri ini. Bukankah hamparan laut yang membiru selalu memberi ketenangan kepada siapapun yang memandangnya ?


Manusia bisa menua, tempat bisa berubah, dan kita bisa melupakan. Karena itulah kita diminta merekam setiap perjalanan dan moment yang berkesan. Terkadang ditengah kerjaan yang menumpuk, hiruknya dinamika politik dan project kerja yang belum selesai, kita juga perlu menyendiri bersama alam menikmati makaharya ciptaanNya. Karena Jobs fill your pocket, and adventures fill your soul. Semoga Allah, memberiku kesempatan menikmati ciptaanNya di ujung negeri ini.

  • Share:

You Might Also Like

0 komentar