Bupati Makmur Syahputra #2 : Memulai Karir Dari Pegawai Negeri

By Si Anak Rimo - February 09, 2019


H. Makmur Syahputra Bancin, SH, MM
Setelah menyandang gelar sarjana, beliau sempat gundah untuk menentukan arah perjalanan karirnya. Hal ini wajar dialami oleh seorang sarjana, karena saat itu abang dan kakak ipar dll telah banyak yang sukses memulai karir. Namun kegundahan itu perlahan hilang saat wisuda, Abangda beliau Haji Raja Usman datang ke acara wisuda beliau sambil membawa titipan pesan dari Drs. Sukardi Is, Bupati Aceh Selatan kala itu.

" Isi pesan beliau adalah agar Makmur Syahputra pulang ke daerahnya, untuk mengabdi dan bersama dengan teman – teman lain membangun Aceh Selatan. Pesan ini tidak hanya lahir begitu saja, melainkan karena selama ini Bupati Aceh Selatan melihat bahwa Makmur adalah mutiara yang harus dibawa pulang untuk membangun, tidak hanya membangun jalan, jembatan, gedung, malaikan juga membangun aspek kehidupan di tengah masyarakat ".

Waktu itu, jika ada pegawai yang pensiun, pejabat yang memegang tanggung jawab di instansi tersebut dapat mengusul pengganti untuk diangkat menjadi pegawai. Kebetulan kala itu Bapak Bachrum Syah akan memasuki masa pensiun dengan jabatan terakhir sebagai Sekretaris Wilayah.

Beliau mengikuti seleksi untuk PNS dan formasi yang diminta adalah 5 orang untuk sarjana hukum, namun hanya ada 3 orang yang mendaftar pada formasi itu. Tercatat sejak 15 November 1982, beliau memulai karir sebagai staf bagian hukum di Sekretariat Wilayah. Posisi itu pun dijalaninya selama 7 bulan 7 hari. Tak lama setelah itu, beliau mendapatkan promosi karena terjadi kepakuman disebabkan pergantian pejabat Bupati. Beliau dipromosikan menjadi kepala bidang Pendapatan dan Laporan di Bappeda Tingkat II . Dimasa jabatan inilah kebahagian itu terus mekar, beliau dianugrahi seorang anak tampan yang beliau dan istrinya, Nurhalifah beri nama R.M Adli Putra. 

Tak lama setelah itu, beliau kembali di promosikan menjadi Sekretaris Bappeda, dan kebahagian itu terus berlanjut karena pasangan ini dianugrahi seorang putri cantik yang diberi nama Siti Annisa Rizki. Setelah itu beliau diberi kepercayaan sebagai Kepala Bagian Perekonomian, jabatan ini adalah posisi yang paling lama dijalani beliau.

" Beliau mengatakan bahwa apapun jabatan yang ditugaskan atasan, tetap dilaksanakan dengan sebaik mungkin. Karena ini merupakan amanah untuk kepentingan orang banyak ". 

  • Share:

You Might Also Like

0 komentar