Membangun Jalan Membangun Indonesia

By Si Anak Rimo - December 17, 2018


Jalan Perbatasan Kalimantan / Dokumentasi Kementerian PUPR
 Negeri Tiongkok punya satu pepatah  yang saya percaya diterapkan dalam skema pembangunan yaitu “ Kalau mau sejahtera bangunlah jalan “ – Pepatah Tiongkok

Saya teringat sekali perkataan dosen saya beberapa tahun lalu, kebetulan kita sedang membahas sistem politik negara - negara di dunia. Beliau adalah lulusan Hubungan Internasional dari kampus ternama, sehingga memiliki banyak referensi tentang model pembangunan di berbagai negara, saat itu beliau bercerita panjang akan ketertarikannya terhadap model pembangunan dan politik luar negeri Korea Selatan. " Di negeri Ginseng dan Tiongkok, sebelum membangun pabrik dan infrastruktur lainnya, mereka terlebih dahulu membangun jalan untuk menghubungkan setiap daerah ", ujarnya.

Saya baru menyadari ucapan ini setelah melihat Tiongkok beberapa tahun terakhir. Melihat gencarnya pembangunan infrastruktur yang gencar dilaksanakan tidaklah serta merta langsung memberikan dampak terhadap pertumbuhan ekonomi, tetapi membutuhkan waktu. Tetapi kehadiran infrastruktur ini akan menjadi salah satu penopang terbesar pertumbuhan ekonomi Indonesia kedepan. Lihat saja bagaimana Tiongkok 30 tahun terakhir, pembangunan infrastruktur telah berkontribusi besar terhadap pertumbuhan ekonomi mereka saat ini. Wajar saja jika harga suatu produk impor dari Tiongkok bisa sangat murah, selain karena upah buruh di pabrik yang terjangkau, juga karena akses ekonomi yang murah dan mudah.

Membangun Dari Pinggiran

Melihat kondisi geografis Indonesia, pemerataan pembangunan merupakan perwujudan dari terjemahan sila ke 5 Pancasila yaitu keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia. Ternyata skema pembangunan pinggiran ini juga tertuang dalam Nawacita Jokowi – JK pada butir ke – 3,

 “ Kami akan membangun Indonesia dari pinggiran dengan memperkuat daerah – daerah dan desa dalam kerangka negara Kesatuan. Kami akan meletakkan dasar – dasar bagi dimulainya desentralisasi asimetris. Kebijakan desentralisasi asimetris ini dimaksudkan untuk melindungi kepentingan nasional Indonesia di kawasan – kawasan perbatasan, memperkuat daya saing ekonomi Indonesia secara global, dan untuk membantu daerah – daerah yang kapasitas berpemerintahannya belum cukup memadai dalam memberikan pelayanan publik “ – Nawacita butir ke – 3.

Selama beberapa puluh tahun terakhir, masih gencarnya pemerintah memberikan kue pembangunan ke Pulau Jawa dan sekitarnya tentu mengakibatkan ketimpangan di Indonesia bagian lain. Kebutuhan setiap daerah tidaklah sama, sebagai contoh, anak – anak di daerah Timur Indonesia membutuhkan akses jalan, listrik, pendidikan dan kesehatan yang layak, sedangkan anak – anak di Pulau Jawa mungkin membutuhkan hal yang lain seperti akses wifi dengan kecepatan tinggi.

Salah satu jalan di pinggiran Indonesia
Tak bisa dibayangkan bagaimana mungkin seorang pengusaha ingin menanamkan modal untuk berinvestasi jika kondisi jalan seperti ini, jangankan jalan untuk lalu lintas pabrik atau perkebunan, untuk dilalui kendaraan roda dua saja sangat sulit.

Saya pernah merasakan bagaimana sulitnya kita mengunjungi suatu daerah jika akses jalan dan transportasinya belum terbangun baik. Hal ini juga menjadi alasan orang untuk malas datang kembali jika akses jalan ini sulit, sama dengan apa yang terpikir oleh ku saat menghadapi kondisi jalan yang luar biasa sulit. Dalam beberapa seminar ekonomi yang pernah saya ikuti, sarana transportasi dan infrastruktur lain seperti listrik merupakan salah satu hal yang menjadi pertimbangan para investor sebelum berinvestasi di suatu daerah. Wajar saja sih jika banyak pengusaha dan investor lebih memilih berinvestasi di Pulau Jawa ketimbang daerah lain di Indonesia, karena akses dan kondisi infrastrukturnya sudah sangat baik.

Untuk melakukan pembangunan ini, dibutuhkan dana yang begitu besar. Tapi saya percaya, jika kita memiliki political will terhadap kemajuan Indonesia maka minimnya dana dapat dicarikan solusi dan diselesaikan.

Oleh karena itu, saya sangat mendukung kebijakan pemerintah yang gencar melakukan pembangunan infrastruktur dan akses jalan di Indonesia Timur. Saya merasa bahagia saat anak – anak sudah bisa bersepeda ke sekolah, rumah – rumah menyala di malam hari, apa yang mereka dapatkan dan rasakan hari ini ternyata sudah saya rasakan sejak saya masih kecil. Bagi saya ini adalah usaha pemerintah untuk memberikan keadilan bagi seluruh anak Indonesia.

  • Share:

You Might Also Like

1 komentar

  1. PERMAINAN ONLINE TERBESAR DI INDONESIA

    Website paling ternama dan paling terpercaya di Asia ^^
    Sistem pelayanan 24 Jam Non-Stop bersama dengan CS Berpengalaman respon tercepat :)
    Memiliki 9 Jenis game yang sangat digemari oleh seluruh peminat poker / domino

    - Adu Q
    - Bandar Q
    - Bandar Sakong
    - Bandar Poker
    - Poker
    - Domino 99
    - Capsa Susun
    - BANDAR66 / ADU BALAK
    - Perang Baccarat ( GAME TERBARU )

    Permainan Judi online yang menggunakan uang asli dan mendapatkan uang asli ^^
    * Minimal Deposit : 20.000
    * Minimal Withdraw : 20.000
    * Deposit dan Withdraw 24 jam Non stop ( Kecuali Bank offline / gangguan )
    * Bonus REFFERAL 15 % Seumur hidup tanpa syarat
    * Bonus ROLLINGAN 0.3 % Dibagikan 5 hari 1 kali
    * Proses Deposit & Withdraw PALING CEPAT
    * Sistem keamanan Terbaru & Terjamin
    * Poker Online Terpercaya
    * Live chat yang Responsive
    * Support lebih banyak bank LOKAL Yaitu : Bca, Bri, Bni, Mandiri, Danamon, Cimb niaga , Permata Bank dan Ocbc Nisp


    Contact Us

    Website http://salamhoki88.com
    WA 1 : +85515769793
    WA 2 : +855972076840
    LINE : SAHABATQQ
    FACEBOOK : https://www.facebook.com/sahabatqq.reborn
    TWITTER : https://twitter.com/SahabatQQ
    YM : cs2_sahabatqq@yahoo.com
    Kami Siap Melayani anda 24 jam Nonstop

    #sahabatQQ #winsahabatQQ #winsahabat #salamhoki88 #windaftar

    ReplyDelete