Belajar di Pelosok Negeri

By Si Anak Rimo - June 23, 2016

Gimana sih impian mu tentang pendidikan di Indonesia ?

Pendidikan adalah eskalator pembangunan yang mampu mengangkat masyarakat menuju kesejahteraan. Terjadi perubahan besar terhadap dunia pendidikan Indonesia sejak masa kemerdekaan. Tingginya angka buta huruf saat itu berubah menjadi melek huruf yang angkanya lebih dari 90 persen. Ini prestasi luar biasa yang tak banyak bangsa berhasil melakukannya. Pendidikan Indonesia saat ini masih belum secara merata menyentuh setiap inci bumi Indonesia dikarenakan berbagai hal. Di tengah kondisi bangsa yang mengalami banyak masalah, pendidikan merupakan salah satu solusi untuk membawa bangsa ini ke arah yang lebih baik. Masalah utama pendidikan di negeri ini bahwa masalah pendidikan masih dianggap tugas pemerintah semata, secara konstitusional benar tapi secara moral ini adalah tugas semua masyarakat dan kaum terdidik. Kerena yang terpenting ialah kehadiran kita pada setiap masalah di negeri ini. Pendidikan akan berhasil ketika kepedulian terhadap sesama semakin tumbuh dan terbangun.

Impian saya tentang pendidikan Indonesia adalah bahwa pendidikan dapat menjangkau semua wilayah ibu pertiwi tanpa disparitas kualitas yang jauh berbeda. Pendidikan dianggap sebagai suatu kebutuhan yang masyarakat tak perlu berrpikir tentang biaya dan infrastruktur karena negara hadir menyediakan itu semua. Pembangunan Nation Character Building harus digalakkan karena karakter yang berjiwa Indonesia itu semakin berkurang di negeri ini. Pendidikan yang membuat setiap insan mencintai negeri nya lewat karya dan perjuangan pembangunan. Pendidikan yang melahirkan banyak pemimpin yang World Class Competion and Gressroot Understanding. 


Pendidikan yang membuat jalinan tenun kebangsaan itu selalu terjaga dalam kebhinekaan budaya, bahasa, agama dan lain lain di negeri ini. Pendidikan diharapkan menjadi eskalator untuk mengurangi angka kemiskinan, kejahatan serta meningkatkan taraf hidup masyarakat. Negara harus memastikan bahwa setiap anak bangsa terjamin kualitas dan ketersedian pendidikan di daerahnya. Karena senyatanya ini tertulis dalam konstitusi kita yaitu mencerdaskan kehidupan bangsa. Persaingan antar bangsa di kancah internasional hanya mampu kita hadapi ketika sumber daya manusia menjadi prioritas pembangunan dan tidak selalu berharap pada sumber daya alam yang semakin berkurang. Semoga kepedulian kita terhadap dunia pendidikan menjadikan ini gerakan semesta yang diikuti oleh seluruh anak negeri terutama mereka yang telah terlebih dahulu terdidik dan memanfaatkan hasil dari keterdidikan itu.

Sewaktu mengunjungi daerah pedalaman, apa yang kamu rasakan ?

Dua kali saya mengunjungi pulau terbarat negeri ini yaitu Pulau Aceh dan beberapa daerah pedalaman lainnya. Banyak sekali saya belajar betapa berartinya pendidikan terhadap pembangunan. Kita hadir untuk menebarkan harapan dan menjaga semangat mereka mengejar cita – cita. Kebetulan kita mendapat tugas untuk mengajak mereka mau melanjutkan sekolah dan mencintai pendidikan, di sela – sela diskusi di pinggir pantai saya bertanya perihal cita – cita mereka. Adik kalau sudah besar ingin menjadi apa ?, tanyaku. Lama ia membisu dan akhirnya menjawab “ kalau saya ingin jadi dokter boleh bang ?. Ada lagi cerita tentang ketidaktahuan mereka terhadap Indonesia. Baik Presiden, letak maupun nama – nama pahlawan lainnya. Betapa merasa bersalahnya aku atas ketidakberanian mereka bermimpi. Ini merupakan dosa saya sebagai kaum terdidik yang membiarkan mereka terus berada dalam ketidaktahuan. Betapa pendidikan dan kehadiran itu sangat penting untuk terus menjaga semangat mengejar cita – cita yang lebih baik. Rendahnya kualitas pendidikan berpegaruh sekali terhadap pertumbuhan ekonomi dan pembangunan suatu daerah. 

Terlihat jelas pancaran harapan masyarakat dan anak – anak saat menyambut kedatangan kami kala itu. Mereka merasa bahwa cahaya masa depan itu hadir melalui kepedulian kita terhadap pendidikan. Sungguh meninggalkan daerah yang kita kunjungi kala itu ada rasa berat hati untuk pulang. Karena wajah dan semangat mereka telah menjadi prasasti yang terkadang hadir dalam lamunan malam. Saya bersyukur atas keterdidikan saya dan berharap menjadi bagian untuk sama – sama melunasi janji kemerdekaan mencerdaskan kehidupan bangsa atas apa yang ku miliki.

Jika kamu mendapat kesempatan berada di pedalaman apa yang akan kamu berikan ?

Saya ingin hadir di tengah – tengah mereka untuk berbagi harapan dan mengatakan kepada mereka bahwa negara ini sedang berusaha semaksimal mungkin melunasi janji kemerdekaannya untuk meningkatkan kualitas  pendidikan melalui kehadiran program kita nantinya. Berbagi cerita bagaimana pentingnya pendidikan untuk mengangkat kesejahteraan dan pentingnya menjaga harapan dan mimpi itu. Berkumpul dengan elemen masyarakat untuk belajar dan berbagi bahwa masa depan daerah ini ada di pendidikan generasi muda, mengajak semua insan bergerak untuk merasa memiliki dan mau turun tangan terhadap masalah pendidikan di daerahnya. 

Seperti kata Mas Anies Baswedan, rumah boleh di perbatasan tapi mimpi kita harus di langit. Ini harus menjelma menjadi kenyataan agar setiap anak tak lagi takut untuk bermimpi. Berusaha memperkuat rajutan tenun kebangsaan dalam kebhinekaan yang dibangun para pendiri bangsa. Banyak kisah inspiratif lahir dari setiap penjuru negeri ini dan berharap api semangat itu terus terjaga dan tertular ke setiap anak negeri dimanapun berada. Saya akan berbagi tentang kondisi Aceh dalam usaha masyarakat dan pemerintahnya membangun dunia pendidikan, menularkan pesan harapan bahwa mereka tidak sendiri berjuang untuk mencerdaskan anak - anaknya.

  • Share:

You Might Also Like

0 komentar