Kumpulan Ide #2 : Warung Inspirasi

By Si Anak Rimo - June 17, 2016



Rumah Inspirasi
Gambar ini sepintas terlihat seperti ruang belajar, namun sebenarnya ini adalah Cafe atau istilah di Banda Acehnya Warkop. Ada hal menarik yang disuguhkan setiap malam, Ba'da Isya pengelola Rumah Inspirasi ini menyediakan waktu hampir 2 jam untuk mengerjakan dan membahas soal soal TOEFL, pengunjung dapat belajar dan diskusi bersama, Warkop ini pun serasa seperti ruang kelas di kampus - kampus. Kita yang tidak saling kenal akan dibuat untuk bisa saling kenal, makanan dan minuman yang yang tersedia sangat beragam dengan harga yang sangat miring

Lantas kenapa dengan Warkop ini ?

Kebetulan tadi saat berada disini, saya terbayang Kota Banda Aceh yang mendapat julukan kota 1001 warung kopi. Perkembangan pesat Warkop di Kota Banda Aceh tidak dapat dibendung lagi, namun sudah saatnya kita mencoba mengubah konsentrasi Warkop dari tempat nongkrong menjadi ruang ruang belajar dan diskusi. Benar bahwa beberapa Warkop telah menjadi tempat untuk berbagai seminar dan diskusi. Namun belum menjadi sebuah trend dan menyeluruh.

Ide saya sih sederhana, Walikota atau Stakeholder Pemerintahan Kota dapat mengundang seluruh pemilik atau pengelola Warkop untuk duduk bersama dan memikirkan hal lain guna meningkatkan minat belajar dan menjadikannya ruang ruang santai itu menjadi basis ilmu pengetahuan, bisa dengan menyediakan perpustakaan mini, kelas TOEFL, bedah buku, public speaking dll, jadwalnya bisa ditentukan oleh pengelola. Tidak mesti setiap hari, namun bisa seminggu 2 kali ataupun cukup sekali saja. Diharapkan setiap warkop nantinya akan memiliki ciri khas dan daya tarik tersendiri yang bercorak ilmu pengetahuan, mungkin ada Warkop yang berciri khas tempat bedah buku, bedah TOEFL, wirausaha, dll. Namun karena ini untuk kepentingan bersama Pemerintah bisa membantu usaha ini dengan menjadikannya sebuah program / gerakan walikota untuk bidang pendidikan dengan menyediakan buku - buku untuk setiap Warkop dan pemateri serta mengadakan lomba dan apresiasi buat Warkop setiap tahun nya dengan katagori yang selaras dengan program ini. Seperti Warkop paling aktif dan paling bernuansa pendidikan misalnya. Tidak mesti semua ruangan nya menjadi bagian program ini, Warkop bisa menyediakan sebuah ruang saja sesuai dengan karakter Warkop tsb.

Namun seiring usaha untuk menjadikan warkop tempat untuk belajar, fungsi utama untuk bersantai dan menikmati cita rasa Kuliner harus tetap berjalan. Saat program berjalan, makanan dan minuman yang dipesan tetap dibayar sendiri oleh pengunjung sih. Saya yakin kita semua rindu akan suasana penuh corak ilmu pengetahuan hadir di setiap bagian kota kita tercinta ini, sehingga kita tak perlu takut ketika anak kita berlama - lama di warkop. Melihat sumber daya manusia di Aceh, jangankan Warkop seperti ini kampung bahasa seperti di Kediri pun bisa kita hadirkan di Kota Islami ini. Insya Allah.

Rumah Inspirasi, Tulung Rejo, Kediri Jawa Timur.


  • Share:

You Might Also Like

1 komentar