Persahabatan dan Project Masa Depan

By Si Anak Rimo - November 23, 2016



 “ Tidak ada kebahagiaan yang menandingi sebuah persahabatan, dan tidak ada yang lebih menyedihkan dari sebuah perpisahan "
 Imam Syafi’i 

Sahabat merupakan sebuah anugerah dari Allah yang begitu berharga dan akan terus saya jaga. Tulisan ini bercerita tentang persahabatan kita yang lucu, pokoknya lucu dech jika harus diceritakan seluruhnya. Walaupun begitu, selalu ada hal bermakna dari hasil diskusi yang kita jadikan project bersama. Kita sudah saling mengenal sejak masih di taman kanak - kanak, begitu katanya. Walaupun pernah satu kelas di program Kelas Inti semasa SD dan satu tim olimpiade Fisika waktu SMP, tak menjamin kita bisa akrab. Akhirnya keakraban itu terbangun saat kita sekelas di SMA, karena saya ketua kelas dan dia bendahara kita jadi sering berdiksusi tentang ide dan harapan untuk kedepannya, mulai dari sistem pendidikan, ekonomi dan yang termasuk sering dibahas adalah tentang dunia politik. Tapi, kita juga waktu membahas bagaimana kelas kita menjadi beda dari kelas yang lainnya, baik dari keuangan hingga dekorasi kelas waktu itu. Diskusi berlanjut tentang jalan perjuangan kedepan seperti apa yang ingin di capai, kebetulan waktu itu saya memang menyukai dunia sosial dan pemerintahan dan Juni menyukai dunia pendidikan dan dakwah. Akhirnya setelah kelulusan kita meneruskan jalan perjuangan sesuai mimpi dan hobi kita waktu itu, saya kuliah di jurusan Ilmu Politik dan dia di jurusan Kimia. 

Semasa kuliah, aku banyak menghabiskan waktu di dunia pendidikan walaupun aku adalah mahasiswa politik. Alasan paling mendasar kenapa berkecimpung di dunia pendidikan hanya dua hal, pertama karena sejak kecil saya percaya hanya pendidikan yang dapat mengubah hidup seseorang dan pembangunan suatu bangsa, kedua karena saya ingin meneruskan pengabdian seperti ayah. Tapi tidak menjadi seorang guru, saya ingin menjadi orang yang peduli terhadap pendidikan secara keseluruhan. Terus, Juni itu memilih dunia pendidikan dan dakwah karena ia memang bercita - cita menjadi seorang guru yang membangun sebuah peradaban, plus dakwah yang tiada henti sejak sekolah dahulu. Alasan lain karena dia punya cerita sendiri terhadap perubahan dirinya waktu itu.


Tulisan ini tidak bercerita tentang sebuah perubahan yang kita harapkan, coretan ini hanya mengulang sedikit masa dimana persahabatan itu harus selalu memberikan dampak dalam pengembangan kualitas diri dan kebermanfaatan terhadap lingkungan sekitar. Kadang kita membicarakan hal yang berada jauh kedepan, walaupun membutuhkan data dan analisa yang kuat, diskusi selalu santai.

Ini adalah file yang sudah sangat lama kita bahas dan kebetulan tadi saya temukan di kotak masuk facebook, jika tak salah ini telah kita diskusikan tahun 2013 lalu. Namun ide ini sudah sejak SMA kita bicarakan, walaupun hanya sekilas diskusi kecil. Saya sudah memikirkan tentang apa yang akan coba kita kerjakan di dunia pendidikan di tanah kelahiran nanti, namun Juni bergerak lebih cepat dengan menuliskan semua project ini secara rinci. Reaksi pertama saat menerima file ini saya bangga sekaligus merasa tidak enak, kenapa tidak dari dahulu menuliskannya. Karena terpisah jarak, kita sepakat memilih malam senin atau malam sabtu untuk diskusi rutin membahas ide ini dan berbagai permasalahan lainnya.

Ini surat pengantar yang dikirimkan Juni bersamaan dengan file proposal yang sangat panjang dan detail sekali tentang ide waktu itu, sungguh tekad yang luar biasa untuk mampu menuliskan semua ini, pikirku dalam hati. Nama tim waktu itu adalah " Agen Rahasia Masa Depan ", misi perdana dan sangat utama waktu itu ialah mencari agen - agen lain yang memiliki mimpi yang sama untuk dunia pendidikan. Lucu namanya kan, seperti anggota inteligen negara saja. Harus diakui persahabatan kita waktu itu sedikit ada rintangan, namun ide dan diskusi tetaplah hal yang sangat penting sehingga semua harus diterukan, padahal waktu itu biasanya kalau diskusi saya pasti berani bercanda, tapi tahun 2013 dia lebih sering serius. Salah satu tanda bahwa kita serius adalah penggunaan kata saya, itu tandanya pasti sedang sulit bercanda, Heleh. Karena biasanya pasti menyebut nama dalam setiap percakapan.

******************************

Bismillahirrahmanirrahiim
Assalamu'alaykum warohmatullah wabarokatuh
Saya pernah bermimpi suatu saat nanti memiliki Lembaga Pendidikan di Daerah kita
Saya pernah bermimpi Pemuda-pemuda generasi bangsa sibuk dengan Ilmu pengetahuan
Saya pernah bermimpi  para pelajar Indonesia cinta pendidikan dan gemar membaca
Saya pernah bermimpi, para pemuda yang istiqomah mengaplikasikan tuntunan Alquran dan sunnahNya.

Saya bermimpi sebuah perubahan, saya rindu generasi para sahabat,saya begitu rindu peradaban yang dibawa sang Teladan kehidupan, shalawat dan salam yang senatiasa kita hanturkan berharap mendapat syafaatnya.

Saya sangat rindu, rindu dengan semua itu.
Selamat bergabung sebagai Agen Rahasia Proyek Masa Depan

Ide ini memang udah lama bersemayam. Namun tiba-tiba semua ini tertorehkan dalam ringkasan padat yang berisi sekelumit tulisan sebagai wejangan untuk para agen. Di awal-awal tulisan ini di tulis, wah saya begitu bersemangat untuk segera menyelesaikan. Namun begitu sampai dipertengahan ada sedikit keraguan. Dengan tekat dan target , alhamdulillah saya bisa merangkum gagasan ini.

Sebenarnya sedikit banyaknya ide ini ada juga berdasarkan pengalaman pribadi. Alhamdulillah kami di Medan mempunyai usaha wadah Tentor bernama Insani Private Course (IPC) yang beranggotakan 6 orang dari tiga jurusan,  2 matematika, 2 fisika dan 2 Kimia. Dan alhamdulillah beberapa bulan yang lalu usaha kami didanai dari pihak  Birokrasi kampus sebagai  program mahasiswa wirausaha (PMW), alhamdulillah sudah 10 tentor yang mengajar  dan  Insyaallah akan terus kami kembangkan. Namun yang akan kita rencanakan ini agak berbeda, karena kami mahasiswa tentu yang menjadi tujuan kami adalah dana. Karena sebagai mahasiswa  dana adalah sebagai kebutuhan utama. Sekarang yang akan kita rancang adalah bentuk aplikasi ilmu pengetahuan dan kepedulian kita pada pendidikan dan generasinya. Untuk itu saya mengajak tim agen rahasia untuk menyeruhkan tahap awal pembentukkan Proyek masa depan ini.

Semua akan bermula pada hal yang kecil. Dan kita akan mengalami proses yang panjang layaknya metamafosis kepompong menjadi kupu-kupu. Perencanaan yang baik  dan terorganisir semoga akan melahirkan karya terbaik dan hebat. Mungkin ide ini akan sia-sia tanpa kerjasama dan motivasi kalian semua. Saya yakin kalian bisa jadi agen rahasia terbaik,  saya juga yakin saya tidak salah memilih dan menjadikan kalian Agen pertama menuju sebuah karya besar.

Tolong baca dengan seksama pahami dan maknai. Jangan hanya baca sekali, tolonglah baca berulang agar semua energi yang saya tuliskan pada File yang saya kirim  bisa merasuk kedalam jiwa dan menjadi energi yang mengalir di seluruh aliran nadi (agak lebai dikit). Karena saya tahu, tak mampu saya menjelaskan secara detai pada kalian sebab saya lebih mudah menuliskannya dibanding menjelaskan secara lisan, mungkin dengan ringkasan singkat yang saya tuliskan bisa mewakili seluruh energi saya untuk saya tranferkan pada kalian. 

Saya butuh tanggapan, penilaian, kritik, motivasi, ide - ide, dan segala bentuk gagasan dari para Agen. Maaf jika saya mengganggu para agen yang sedang sibuk dengan Proposal dan segala bentuk sahabat karibnya. Namun, tidak perlu semua ini dibebani hanya saja kita melaju layaknya mentari yang menjemput senja, hingga datangnya sang bintang dan berganti Bulan. Sampai ia menanti fajar dan kembali bersama mentari, begitulah seterusnya. Begitulah  kita menjalaninya,walau  dengan perputarn yang sama, namun  saya akan sedikit menambahkan pekerjaan pada para agen. Karena langit tak selamanya berwarna biru, ada kalanya ia  abu-abu, atau hanya berwarna putih yang berhambur ditemani rintikan air dan guncangan badai. Saya akan mengajak para agen menuju dunia kerja dan berlelah sedikit,menorehkan segenap gagasan dan idenya.

Mungkin tulisan ini terlalu panjang dan bertele-tele atau bahkan  sama sekali tidak berbobot. Saya minta maaf, jika harus memaksa para agen dengan terpaksa membaca curahan hati saya. Huft

Saya akan berikan waktu para agen selama satu minggu, karena saya tahu kalian punya agenda yang padat dan aktivitas yang penuh. Saya perlu tanggapan dan respon dari para agen terbaik yang sudah lulus dan memenuhi syarat tanpa test. (hahaha,bercanda). Setelah kita punya Tim agen rahasia yang solid,maka selanjutnya kita akan merekrut Tim Utama sebagai mobilisasi Proyek dan tim simpatisan. ( Pasti kalian bingung kan...ntar kalo udah baca pasti angguk-angguk kepala hihi )

Sekali lagi selamat bergabung menjadi agen rahasia Proyek masa depan.
Saya menanti  gagasan anda. 
File yang saya berikan bukan mutlak  dan final, masih butuh perbaikan dan dapat direvisi bersama-sama.
Semoga menjadi agen terbaik.
Wassalamu^alaykum warohmatullah wabarokatuh

                                                                                                                                                  Tertanda
                                                                                                                                                      Juni

Nb : khusus untuk Rahmad, kesepakatan kita tetap berlaku. Jika ini berlanjut, maka komunikasi kita hanya sekedar keprofesionalan kerja.
Mohon maaf atas segala kesalahan.

********************
Ini salah satu bentuk persahabatan yang kadang ada masa sulit, ada juga masa bercanda, ada masa membicarakan hal - hal yang bagi kita itu suatu yang besar. Dengan segala keterbatasan yang ada, kita percaya bahwa jika kita semua kompak maka tidak ada yang mustahil untuk mewujudkan mimpi - mimpi masa itu. Kini mereka telah menjadi guru dan sedang berjuang keras mewujudkan mimpi mencerdaskan anak bangsa, dan aku sedang mempersiapkan diri untuk kembali belajar tentang bagaimana regulasi dan model pembangunan daerah, anggap saja biar mudah berkolaborasi nantinya, jawaban ngeles ku padahal masih pengangguran di kampung orang. 

Mungkin sampai disini, ada banyak sekali cerita yang mewarnai project ini. Menulis ini pun aku tak minta izin, pasti kalau dia membaca langsung kirim pesan nantinya bertanya kenapa posting tulisan lama ini. Tujuan tulisan ini di posting adalah agar tim agen rahasia masa depan yang membacanya mengingat, bahwa masih ada mimpi yang belum terselesaikan hingga kini.  
Kamu siap menjadi dan meneruskan mimpi agen rahasia itu

  • Share:

You Might Also Like

0 komentar