Pertemuan Tak Terencana

By Si Anak Rimo - August 14, 2016


Kota Tua Jakarta
“ Begitu banyak hidup orang berubah lantaran sebuah pertemuan “

Salah satu pertemuan paling penting dalam perjalanan hidup ku adalah persahabatan kami ini. awal perkenalan kita itu sejak masih sama – sama di bangku SMP, kebetulan ia sekolahnya tepat di depan rumah ku dan aku bersekolah di sekolah negeri. Kita bisa saling kenal karena ia berteman akrab dengan sahabat – sahabat ku semua. Tak begitu banyak waktu yang kami lalui bersama, wajar saja karena kita beda sekolah dan beda tempat tinggal. Teman ku satu ini menghabiskan masa kecilnya di Kota Sabang, sekolah disana dan ketika sudah mau tamat SD mereka sekeluarga pindah ke kampung halaman ayahnya di Lipat Kajang. 

Tamat dari sekolah menengah pertama, aku melanjutkan sekolah di tapaktuan dan dia di Banda Aceh. Tak pernah berkomunikasi karena memang tak begitu akrab dan jarang bertemu. Persahabatan itu tumbuh ketika kita berada di kampus yang sama, kita kuliah di kelas yang bersebelahan dan bahkan sesekali kita satu kelas untuk mata kuliah umum. Aku selalu suka berteman dengan teman se kampung halaman di rantau orang, alasannya karena aku bisa menggunakan bahasa kampung dengan mereka. Jika dihitung berapa waktu yang habiskan dan lalui bersama sejak kuliah, ada banyak sekali cerita yang selalu menarik untuk dikenang bahkan lucu saat diingat. Mulai dari saat kita mengerjakan tugas yang sudah deadline untuk besok pagi pukul 08.00 WIB, kita pun begadang untuk tugas mata kuliah bahasa indonesia tersebut sampai Subuh. 

 
Kita pun mencoba tidur sebentar karena begitu lelah mencari bahan di kota waktu itu, kebetulan tugasnya adalah mencari kesalahan penggunaan bahasa indonesia di spanduk atau papan reklame yang ada di Kota Banda Aceh, jangan ditanya bagaimana kami tertawa dan bersenda di kesunyian malam mengitari jalanan kota. Karena tugas telah selesai dan tempat mengeprint tugas belum buka, aku pun tidur sebentar dengan memasang alarm, namun apa daya kami kelewatan istirahatnya hingga tugas itu pun tak terkumpul.

Ada lagi cerita menarik lainnya, waktu itu aku pulang kampung sebentar untuk mengurus kelengkapan berkas untuk iku tes kampus lain waktu itu, aku sudah lama belajar mempersiapkan diri agar bisa mengikuti tes nantinya. Aku absen masuk mata kuliah bahasa indonesia waktu itu, namun diantara kami bertiga dengan Rici, hanya dia yang masuk kuliah karena tak ada halangan. Tiada hari tanpa tugas, begitulah hari hari kami lalui. Ketika kembali ke banda aceh, aku menanyakan tentang pr tersebut. Ia pun menjelaskan tentang tugas yang diberikan. Akhirnya kami pun mengerjakan, namun saat dikumpulkan katanya milik kami dikembalikan bahkan disobek karena berbeda. Pas pulang kuliah aku pun bertanya dan andri senyum senyum ketawa, ternyata dia salah memberitahu tugas yang diberikan Pak Dosen satu itu, sayang saja masih muda udah kejam terus jarang senyum lagi dosennya. 

Aku pun membalas dengan senyum sambil berkata “ Ai Kona en, lot no mo lupa “.Lupakan saja kisah – kisah hidup kami, jika ku tuliskan kisah ini maka terlalu banyak dan banyak sekali cerita lucu, aneh dan lainnya.

Setelah lebaran lalu, ia memberiku kabar bahwa ia akan ke Jakarta untuk tanggal 20 Juli nantinya, ia meminta untuk ketemuan disana. aku pun membalas tak mungkin karena keuangan ku tak memungkinkan ku bergerak jauh, apalagi Jakarta kota  mahal dan membosankan menurutku. Akhirnya ia pun berada di Jakarta dan aku di Jogjakarta.

Hari itu aku menemani paman yang bertugas ke jogJakarta mengawal Pak Wakil Bupati, seharian aku menghabiskan waktu menjadi tour gatenya gitu. Sore itu aku diminta olehnya untuk ikut ke Jakarta, awalanya aku tak mau karena uang sudah menipis. Namun karena diajak maka tak ada alasan untuk menolak. Sesampai di Jakarta pak Wakil Bupati memberikan ku telpon katanya Pak Khaldum mau bicara, begini pembicaraan kami ditelpon.

Kune kabar Rahmat ?, aku pun menjawab “ Alhamdulillah baik pak, Bapak kune kabar ? “,
Kona ulang engket bak paman mu da, tading sambing bak Andre, ia sadana tading i. Aku pun menjawab, “ Siap pak, kune menurut bapak si mendena. 

Akhirnya aku pun diturunkan di depan hotel dan langsung menelpon Andri bahwa aku sudah di depan kamar. Pas ketemu kita pun saling melempar tawa, aku langsung menyambarnya dengan pertanyaan, 

Mengkade kona henda, enca kune skripsi mu ?. Sello sambing mudah i boss“ jawabnya.

Kita pun berdiskusi sebentar membahas bagaimana tugas akhirnya yang sempat bermasalah beberapa waktu lalu. Entah gimana juga bisa ketemuan di ibukota padahal tidak ada janjian. Tepat setahun lalu kita sama - sama di Pulau Banyak. Allah selalu baik dan memberi jalan untuk ku melepas rindu sama sahabat dan teman - teman. Satu hal lagi yang membuat ku begitu yakin adalah, aku menulis ini pada pukul 12 malam, saat itu hp ku berdering tanda sebuah panggilan masuk, terlihat nama Kabag Infokom memanggil, itu adalah nama kontak untuk Andri Liska di HP ku. Tak pernah ia menelpon eh saat aku sedang menulis ini ia ternyata menelpon. 

Kita sudah saling mengenal akrab, bahkan orang tua tau pertemanan kita ini telah lama terjalin. Sudah saling mengetahui segala sisi kehidupan masing – masing, namun sampai saat ini kita saling tak mengetahui siapa idaman hati kita sekarang. Kita berharap sekali sampai berkerja dan punya keluarga nanti, ini akan terus terjaga. Bisa berkerja di instansi atau daerah yang sama. Insya Allah, Aku mendoakan agar dia dimudahkan tugas akhirnya dan segera di Wisuda. Amin Ya Rabb.

  • Share:

You Might Also Like

5 komentar

  1. JOIN NOW !!!
    Dan Dapatkan Bonus yang menggiurkan dari dewalotto.club
    Dengan Modal 20.000 anda dapat bermain banyak Games 1 ID
    BURUAN DAFTAR!
    dewa-lotto.name
    dewa-lotto.com

    ReplyDelete
  2. Website paling ternama dan paling terpercaya di Asia
    Sistem pelayanan 24 Jam Non-Stop bersama dengan CS Berpengalaman respon tercepat
    Memiliki 9 Jenis game yang sangat digemari oleh seluruh peminat poker / domino
    Link Alternatif :
    arena-domino.club
    arena-domino.vip
    100% Memuaskan ^-^

    ReplyDelete
  3. JOIN NOW !!!
    Dan Dapatkan Bonus yang menggiurkan dari dewalotto.club
    Dengan Modal 20.000 anda dapat bermain banyak Games 1 ID
    BURUAN DAFTAR!
    dewa-lotto.name
    dewa-lotto.com

    ReplyDelete
  4. JOIN NOW !!!
    Dan Dapatkan Bonus yang menggiurkan dari dewalotto.club
    Dengan Modal 20.000 anda dapat bermain banyak Games 1 ID
    BURUAN DAFTAR!
    dewa-lotto.name
    dewa-lotto.com

    ReplyDelete
  5. JOIN NOW !!!
    Dan Dapatkan Bonus yang menggiurkan dari dewalotto.club
    Dengan Modal 20.000 anda dapat bermain banyak Games 1 ID
    BURUAN DAFTAR!
    dewa-lotto.name
    dewa-lotto.org

    ReplyDelete