Basuki Hadimuljono, Sang Panglima Infrastruktur Indonesia

By Si Anak Rimo - May 24, 2018



Beliau ini adalah salah satu menteri favorit yang selalu berada di balik layar setiap pembangunan di Indonesia. Menteri yang mendapat julukan sebagai “ Panglima Infrastruktur Indonesia “ ini memiliki riwayat pendidikan mulai dari S-1 Teknik Geologi, Universitas Gadjah Mada, Magister (S2) Colorado State University, Amerika Serikat dan Doktor (S3) Teknik Sipil, Colorado State University, Amerika Serikat.

Beliau merupakan menteri yang jarang mau tampil berfoto, apalagi dengan fose happy begini : berdiri di tengah jalan yang lengang, tatapan lurus ke kamera, dan dua tangan teracung. Apalagi ia berbusana kerja dengan topi andalan berlambang kementerian. Ia lebih senang difoto selagi bermusik, saat menggebuk drum atau memetik gitar. Dibalik anggaran yang ratusan triliun yang dikelola lelaki ini, beliau tetap tampil sederhana dengan baju putih dan celana hitamnya. Tentu jika ia ingin hidup tampil mewah, semua dapat diwujudkan dengan mudah.

Aku yakin beliau merasa gembira karena salah satu tugas telah diselesaikan dengan baik. Kita semua pasti merasakan bahagia ketika pekerjaan kita telah selesai dengan baik dan lancer. Jalan raya tempat ia berdiri ini adalah jalan lintas pantai selatan Jawa. Jalur Pansela. Mungkin salah satu kenapa aku begitu kagum dengan Menteri satu ini, karena tak banyak mereka yang mau bekerja di balik layar pembangunan, tentu sebagai tokoh pembangunan dan politik pasti menginginkan dikenal masyarakat luas baik di media social maupun media massa, tetapi berbeda dengan sosok yang satu ini.

Saya dan Anda tentu sering mendengar Jalur Pantura, jalan utama di pesisir pantai utara Jawa yang melewati lima provinsi sepanjang 1.316 kilometer, jalur yang begitu padat sebagai urat nadi perekonomian dan lalu-lalang kendaraan angkutan di pulau terpadat Indonesia. Nah, foto Pak Basuki ini di Pacitan. Jalannya begitu mulus, membelah tebing dan berlatar gunung. Maklum, baru rampung tahun ini. Pada musim mudik Lebaran tahun ini, jalan ini menjadi salah satu pilihan untuk orang yang ingin mudik ke kampong halaman, tentu akan menghidupkan dunia usaha dan pariwisata daerah yang dilewati jalur baru ini.

Untuk gambar satu ini menggambarkan Menteri PU dan PR satu ini memilih makan sendiri di sebuah restoran berkelas bintang dua. Padanya tak terlihat tanda sebagai orang nomor satu di kementerian yang mengelola anggaran proyek lebih dari 400 triliun rupiah tahun 2018 ini. Menteri PU Basuki Hadimuljono, yang oleh Presiden Jokowi diberi julukan sebagai "panglima infrastruktur Indonesia. 

Foto diambil oleh Sang Fotografer Presiden, Agus Suprapto 

  • Share:

You Might Also Like

0 komentar