Antara Semangat dan Soal - Soal

By Si Anak Rimo - August 13, 2016


Tadi saat aku mengerjakan soal – soal untuk mengikuti Test Toefl bulan depan, rasanya sulit sekali menjawab semua pertanyaan, tak terpikir lagi oleh ku bagaimana menjawab cerita yang aku tak sepenuhnya tau artinya. Sebagai mahasiswa politik yang terlambat belajar bahasa inggris, aku menyadari sepenuhnya bahwa proses ini tidak mudah. Tiba – tiba terpikir oleh ku andai nanti nilai ku tidak mencapai target, aku terbayang sosok ayah yang selalu bertanya kapan tes ? Sudah siap untuk Real Test ?. Saat mamak menelpon pun ia tak pernah lupa bertanya bagaimana les ku, sambilan bertanya kapan aku mau melanjutkan kuliah lagi. Terkadang ada rasa beban yang bertumpuk dan belum juga dapat ku urai satu persatu. Tapi aku telah mempersiapkan jika nanti nilai ku belum mencapai target. 

 
Janganlah gundah dan tetaplah semangat Nak, Jalan mu ini tidak mudah jadi, sudahilah semua keluhmu itu karena memang jalan yang kau tempuh akan seperti ini. Aku punya benyak referensi kisah dan perjuangan tokoh – tokoh bangsa yang ku baca dalam buku biografi dulu, tak ada yang benar-benar mudah. Tak kurang istilah yang mengiringi arti perjuangan, diantaranya kerja keras, komitmen, hingga persistensi. Semua itu memang mamacu semangat, membuat kita lelah, membangkitkan mimpi – mimpi dan semua itu adalah bunga – bunga perjuangan. 

Sebelum istirahat siang tadi, aku terpikir untuk kembali ke kampung halaman saja untuk beberapa waktu, sulit sekali rasanya menjalani proses ini. selalu terbayang wajah ayah dan mamak di kampung sana, langsung ku hidupkan laptop dan ku putar lagu Aceh dan Qasidah untuk melepas rindu kepada mereka berdua, dua lagu itu sering sekali diputar saat aku berada di rumah. Alhamdulillah aku dapat mengembalikan semangat yang sempat menurun, tak pernah ada sesuatu kebahagiaan dan puncak gunung dapat diraih dengan mudah, ia butuh proses yang penuh warna untuk mengantarkan kita pada puncak yang indah. 

Pilihlah jalan mendaki, tetaplah semangat menjalani semua labirin – labirin perjuangan. Bila lelah maka beristirahat sejenak, kemudian jalan lagi. Begitulah mimpi, Ia akan menuntuk semua cinta dan perjuangan mu Nak. Semangat Nak.

  • Share:

You Might Also Like

0 komentar