Kenapa Kita Harus Merantau ?

By Si Anak Rimo - August 27, 2016

“ Orang berilmu dan beradab tidak akan diam di kampung halaman. Tinggalkan negerimu dan merantaulah ke negeri orang. Merantaulah, kau akan dapatkan pengganti dari kerabat dan kawan. Berlelah-lelahlah, manisnya hidup terasa setelah lelah berjuang. Aku melihat air menjadi rusak karena diam tertahan. Jika mengalir menjadi jernih, jika tidak, kan keruh menggenang ”
Imam Syafi'i

Setiap orang pasti akan menjalani berbagai etape hidup yang silih berganti. Setiap etape hidup selalu memberi warna dan cerita yang berbeda tetapi selalu indah untuk dikenang. Masa saat kita masih bersama orang tua di kampung halaman merupakan masa paling sulit ditinggalkan, tak jarang anak muda yang tidak mau merantau karena tidak kuat harus berpisah dengan keluarga. Bahkan ada banyak orang tua yang tidak memberi izin merantau karena takut jika anaknya tidak bisa mandiri dan terjadi apa apa di rantau sana.

Tentu ada banyak alasan seseorang pergi merantau meninggalkan kampung halaman. Mulai dari mencari kerja untuk kehidupan yang lebih baik dan menuntut ilmu untuk mengejar mimpi yang telah terpatri di sanubari. Namun dalam tulisan ini akan bercerita pengalaman menjadi perantau untuk mencari ilmu di kampung orang. Menjadi mahasiswa diperantauan merupakan salah satu keputusan dalam hidup yang mungkin terasa berat saat belum dijalani, tetapi penuh kesan saat telah dilalui. Pendidikan selalu menuntut kita untuk terus berjuang, meskipun harus meninggalkan keluarga dan kampung halaman demi berada di tempat yang jauh. Meskipun berat tapi merantau memberi kita banyak cerita dan warna hidup yang membuat kita menjadi pribadi tangguh dan mandiri. Tulisan ini akan bercerita sedikit manfaat merantau di masa kuliah.

Menjadi pribadi mandiri 

Saat merantau, kita pasti akan jauh dari orang tua dan kampung halaman yang begitu nyaman. Kita akan meninggalkan banyak kenyamanan, seperti selalu ada yang mencucikan pakaian, menyiapkan sarapan dan masih banyak lainnya. Namun ditanah rantauan kita dituntut untuk menjalaninya sendiri, menghadapi masalah – masalah yang silih berganti, memasak sendiri, tidur sendiri bahkan mencuci baju sendiri. Semua masalah – masalah baru inilah yang kelak akan memberikan kita kekuatan dan kemandirian dalam menjalani hidup, menjadikan pribadi yang pantang menyerah, menjadikan kita pribadi yang kuat dalam menghadapi masalah, agar kelak kita tidak lagi berpangku tangan kepada orang tua dalam menghadapi persoalan hidup yang semakin berkembang. Persoalan yang kita hadapi akan menuntun kita menjadi pribadi mandiri, Mandiri disini bukan sekedar ‘mandi sendiri’, namun melakukan setiap langkah, aktivitas, sikap dan keputusan yang kita lakukan sendiri. Safarlah, engkau akan menemukan pengganti orang-orang yang engkau tinggalkan. Berpeluhlah engkau dalam usaha dan upaya, karena lezatnya kehidupan baru terasa setelah engkau merasakan payah dan peluh dalam bekerja dan berusaha.

Merantau itu melatih kedewasaan kita, jika saat di kampung halaman kita selalu mendapat bantuan dari keluarga, maka saat berada di perantauan nanti kita akan dipertemukan dengan orang – orang baik yang berada di samping kita ketika masalah menghampiri, orang – orang baik yang dikirimkan sebagai penyambung doa yang orang tua kita panjatkan.

Mendapat Sahabat dan Keluarga Baru

Saat merantau kita meninggalkan keluarga, sahabat, sanak saudara bahkan juga kekasih hati. Kita tak perlu risau jika harus pergi sendiri merantau, karena nanti disana kita akan mendapatkan pengganti mereka semua. Kita akan menemukan sahabat yang kita anggap seperti keluarga, menemukan teman yang mungkin sudah seperti adik sendiri, bahkan ada banyak yang menemukan teman hidupnya saat merantau. 

Menjadi Duta Daerah

Mungkin saat perantauan, tak banyak yang tau tentang kampung halaman kita. Namun kita tak perlu risau jika mereka sama sesekali tak pernah dengar, karena mulai saat itu kita akan menjadi duta dan mempromosikannya langsung kampung halaman lengkap dengan seluruh cerita dan pernak – perniknya. Kita tak perlu repot – repot beriklan di media cetak untuk mempromosikan kampung halaman, kita hanya cukup bercerita dengan teman kos, kampus atau teman organisasi kok, dan jika mereka bersedia kita bisa mengajak mereka untuk berlibur langsung ke kampung halaman. Disana kita akan mengetahui langsung bagaimana pandangan mereka terhadap daerah asal kita, sebuah rantai yang akan terus berputar untuk mempromosikan kampung halaman nantinya. 

Belajar arti Rindu 

“ Merantaulah, agar kau tahu kenapa kau harus pulang, agar kau tahu siapa yang kau rindu “. Begitu kata para pujangga yang sering muncul di dinding tumblr. Ini termasuk pelajaran yang paling penting harus kita dapatkan ketika merantau, karena secara tak langsung kita memiliki ikatan batin terhadap orang yang kita cintai seperti keluarga. Jika tak tahan menahan rindu, maka kita tak akan bertahan lama di rantau orang. Menahan rindu itu jauh lebih sulit ketimbang menahan beban cobaan lainnya. Nanti, kita akan semakin menghargai arti sebuah pertemuan dan ikatan, bahwa rindu itu akan sering menghampiri setiap waktu kita. 

Memahami makna Bhineka Tunggal Ika

Bhineka Tunggal Ika sendiri memiliki arti walaupun berbeda-beda tetapi tetap satu jua, di perantauan nanti kalian pasti akan bertemu dengan teman-teman dari daerah yang berbeda, hal ini bisa kalian manfaatkan untuk mengamalkan ajaran Bhineka Tunggal Ika yakni cinta perbedaan. Kita bisa jadi lebih belajar toleransi ketika satu sama lain saling berbeda, mulai dari bahasa,  budaya bahkan kebiasaan lainnya. Namun itulah yang membuat indonesia ini unik dan kaya, ada banyak warna yang mewarnai negeri ini. 

Saat kita mulai meninggalkan kampung halaman, saat itulah proses untuk menjadikan diri kita lebih kuat semakin terbentuk. Proses ini terkadang keras sehingga membuat kita harus bertahan, ada banyak yang memilih untuk kembali ketika masalah datang silih berganti. Namun, jika kita berhasil melewati semua ujian itu maka insya allah kepulangan kita ke kampung halaman akan membawa banyak bekal ilmu dan pengalaman nantinya. Ada banyak sekali manfaat merantau, tak mungkin dapat dijelaskan seluruhnya. Jadi buat kalian yang baru lulus SMA segera angkat tas dan kopermu dan merantaulah ke tempat yang kamu impikan. Ada banyak sekali ilmu dan cerita menarik tentang negeri dan dunia ini di luar sana. Mari kita ambil kesempatan itu. Selamat Merantau.

  • Share:

You Might Also Like

0 komentar