Tentang Rahmad, Rektor Unsyiah, dan Anies Baswedan

By Si Anak Rimo - June 09, 2019


Dari Facebook Muda Bentara
Lelaki muda dalam foto disebelah kiri ini adalah Rahmad Hidayat Munandar, ia adalah adik kelas saya di Fisip Unsyiah yang baru saja wisuda beberapa bulan lalu tahun 2015. Jika yang disebelah kiri adalah Rahmad, maka yang disebelah kanan adalah Anies Rasyid Baswedan, sang Menteri Pendidikan dan Kebudayaan negara kita.
 
Lalu apa hubungan antara Rahmad dan Menteri Anies? Rahmad adalah seorang teman yang amat santun, dan punya semangat melakukan perubahan yang amat tinggi. Sejak bertahun lalu, ia dan puluhan anak muda yang tergabung dalam komunitas Turun Tangan, bergerak untuk melakukan intervensi positif dalam ranah pendidikan dan pengembangan kapasitas generasi muda di Aceh. 

Saban minggu, ia dan puluhan teman temannya melakukan aksi turun mengajar siswa siswi di beberapa SD binaan mereka. Melakukan puluhan kegiatan positif bagi masyarakat umum, dan selalu berusaha menelurkan semangat positif bagi siapa saja. Terakhir mengobrol ria lama bersama Rahmad, kami terlibat obrolan mengenai beberapa buku yang sedang ia baca, dan rencana saya meminjam buku itu.

Di Fisip Unsyiah yang baru enam tahun resmi menjadi fakultas, Rahmad menempuh study di jurusan Ilmu Politik. Kajian skripsinya tentang rencana pembebentukan Kabupaten Rimo di Aceh Singkil, kampung halamannya. Saya hadir ketika Rahmad naik seminar dan melakukan sidang skripsi. 

Rahmad adalah salah seorang contoh mahasiswa Fisip Unsyiah yang punya semangat besar dalam melakukan perubahan, walaupun jurusan baru tempat ia menempuh study masih berakreditasi C.

Kembali lagi mengenai foto ini, Walaupun Rahmad kuliah di fakultas yang baru menginjak usia 6 tahun, tapi semangat dan networking yang ia punya melebihi usia kampus yang masih balita itu. Di foto ini, di foto sebelah kanan ini, Anies Baswedan, menteri paling populer yang amat kita banggakan menyampaikan ucapan selamat kepada Rahmad yang baru saya melakukan sidang skripsi di Jurusan Ilmu Politik Universitas Syiah Kuala, pada Juli 2015 lalu. Ucapan Menteri Anies Baswedan diucapkan jauh lebih cepat dari sebagian besar kami dan teman teman Rahmad yang lain. Menteri terkenal ini mengucapkan selamat dan menuliskan pesan harapan bagi sarjana muda bernama Rahmad Hidayat Munandar, yang beberapa puluh menit sebelumnya baru meraih gelar S. IP, sebuah gelar membanggakan bagi lulusan ilmu politik dimanapun.

Bulan lalu, ketika Menteri Anies Baswedan ke Aceh, Rahmad juga diundang untuk bertemu lagi dengan sang menteri. Sang menteri yang mengucapkan selamat atas kelulusan sidangnya, yang rektor kampusnya sekalipun, yaitu Unsyiah, mungkin tak tahu yang mana anak muda hebat yang bernama Rahmad itu.

Beberapa hari lalu, rektor kampus Rahmad, yang juga rektor kampus saya mengeluarkan wacana mengenai penutupan jurusan yang berakreditasi C. Sepertinya Rektor itu lupa, bahwa jurusan di fakultas kami itu masih C karena usianya baru menginjak 6 tahun. Dan rektor itu juga lupa atau malah tidak tahu jika anak-anak muda dari jurusan yang fakultasnya baru berusia 6 tahun itu memiliki hubungan baik dan semangatnya diapresiasi oleh manusia yang memegang tampuk kekuasaan tertinggi di bidang pendidikan di negara ini.

Saya tidak bisa membayangkan, anak muda Aceh yang paling dekat dengan Anies Baswedan ini nanti akan menjawab apa ketika Anies bertanya kepadanya bagaimana kabar fakultas dan jurusan tempat ia (Rahmad) dulu berkuliah, yang ketika ia selesai sidang di jurusan berusia 6 tahun itu, Anies menjadi salah satu orang pertama yang mengucapkan selamat kepadanya.

*****
Muda Bentara
* Tjadek. Baitussalam. Juli 2015.

  • Share:

You Might Also Like

0 komentar