Turun Tangan Rimo

By Keumala Bangsa - September 15, 2018



 Apa sih Turun Tangan Rimo itu ?

Sebelum menuliskan tentang Turun Tangan Rimo, kita akan bercerita sedikit tentang apa sih gerakan Turun Tangan itu. Turun Tangan adalah gerakan yang diinisiasi oleh Anies Baswedan pada Juli 2013. Gerakan ini didasari keyakinan bahwa setiap orang dapat ikut terlibat untuk melunasi janji kemerdekaan Republik ini. Mendorong keterlibatan orang untuk menyelesaikan masalah yang ada di lingkungannya, “ Think Big, Start Small, Act Now”.

Sejatinya saat Anies Baswedan menginisiasi Turun Tangan, gerakan ini diharapkan lebih besar dari Gerakan Indonesia Mengajar karena tidak hanya terlibat dalam satu bidang permasalahan saja. Turun tangan ada di berbagai kota besar seperti Banda Aceh, Medan, Padang, Pekanbaru, Palembang, Bandung, Malang dll, hampir tersebar di seluruh kota – kota besar. Kita mengharapkan kehadiran Turun Tangan Rimo ini nantinya dapat menjadi platform crowdsourcing dimana setiap orang, dimana saja dan kapan saja bisa menyumbangkan ide, tenaga, waktu, uang untuk sama – sama bergerak melunasi janji kemerdekaan. Diharapkan nantinya mereka yang menjadi alumni ataupun lahir dari Turun Tangan adalah pemimpin – pemimpin masa depan yang memiliki wawasan kelas dunia, pemahaman akar rumput dan sudah malang melintang di permasalahan masyarakat.

Untuk program – program di Turun Tangan Rimo, kita akan segera share agar semua dapat membaca dan terlibat dalam kegiatan tersebut. Oa, Gerakan ini terbuka kok untuk seluruh kalangan karena bersifat relawan dan tidak ada unsur paksaan.

Kelahiran Turun Tangan Rimo ini tidak terlepas dari proses panjang perjalanan Turun Tangan Aceh yang telah berdiri sejak 2013 lalu di Banda Aceh. Inisiator gerakan ini, Rahmad Hidayat Munandar adalah salah satu inisiator dan koordinator Turun Tangan Aceh. Tentu saat itu ada banyak sekali relawan di gerakan ini yang lahir dan berasal dari berbagai latar belakang daerah dan keilmuan.

Ada banyak relawan turun tangan yang saat ini bekerja dan memilih pulang ke kampung halaman. Tentu keluangan waktu tidak seperti dulu saat masih menjadi mahasiswa di kota – kota besar. Inilah impian kita waktu itu, melanjutkan usaha ini ketika sudah berada di kampung halaman nantinya.

Diskusi Bersama Anies Baswedan

Lantas gimana dengan Turun Tangan Rimo ?

Gerakan ini tidak jauh beda dengan gerakan turun tangan lain kok yang ada di daerah lain, tetapi program dan kegiatan pasti berbeda karena menyesuaikan dengan permasalahan di setiap daerah. Turun Tangan Rimo nantinya akan bergerak di bidang pendidikan, sosial dan kebudayaan. Ini yang akan menjadi fokus kegiatan nantinya dan akan terbuka untuk siapa saja yang ingin menjadi bagian dari gerakan ini.

Relawan Turun Tangan adalah konseptor sekaligus eksekutor bagi ide – ide positifnya. Lebih mandiri dan tidak terikat dengan lembaga atau instansi apapun dalam setiap kegiatan. Secara umum Turun Tangan dengan Visi gerakan kerelawanan yang mendorong masyarakat peduli dan terlibat aktif untuk mewujudkan indonesia yang penuh dengan pemimpin – pemimpin berintegritas.

Misi Turun Tangan adalah membangun wadah gerakan sosial relawan di setiap kota / kabupaten, Menginkubasi dan menyebarluaskan gerakan yang berdampak pada penyelesaian permasalahan – permasalahan lokal dan nasional, Mendorong publik untuk peduli dalam penyelesaian masalah sosial – politik dll, Menyiapkan pemimpin – pemimpin masa depan yang berintegritas.


Travelling dan Berbagi

Nilai Nilai Dasar Relawan

Berintegritas, berpegang teguh atas ucapan dan tindakan. Menjunjung tinggi kejujuran dan disiplin dalam berkerja, Peduli, memiliki rasa empati yang tingi terhadap permasalahan yang terjadi di lingkungan terdekat dan terluas, Indonesia. Bergerak bersama, relawan bergerak sebagai satu unit kesatuan, tidak terpecah dan bergerak sendiri – sendiri. Independen, bergerak tanpa membawa kepentingan pihak – pihak tertentu. Semuanya murni untuk kepentingan masyarakat dan Indonesia. Komitmen, menjalankan kesepakatan dengan penuh tanggung jawab. Partisipatif, setiap relawan memiliki hak dalam berpartisipasi dan berkontribusi dalam setiap kegiatan yang direncanakan atau dilakukan. Nasionalisme, rasa cinta kepada nusantara adalah sebuah nilai penting bahwa relawan bergerak bukan untuk kepentingan pribadi melainkan bangsa dan negara. Kolaboratif, terbuka untuk membangun silaturahmi, berkumpul, berkordinasi dengan komunitas lain. Bergerak bersama tanpa ada sekat komunitas dll.

Ini gambaran sekilas tentang gerakan Turun Tangan Rimo, atau jika masih penasaran bisa lihat sosial media atau pun web turun tangan, atau instagram Turun Tangan Aceh, Turun Tangan Malang dll. Gerakan ini menjadi bagian kecil dari gerakan Turun Tangan yang telah lebih dulu lahir dan bergerak di setiap daerah untuk terlibat bersama – sama dalam ikhtiar pembangunan.

Sampai Jumpa. Pejuang Bukan ? Hadapii !!!!!!


  • Share:

You Might Also Like

0 komentar