Pentingnya Dunia Pendidikan

By Keumala Bangsa - February 20, 2018


Seiring perkembangan zaman, tentu ada banyak sekali perubahan yang terjadi di tengah kehidupan masyarakat. Kemajuan teknologi dan ilmu pengetahuan menciptakan banyak sekali perubahan, baik itu insfratruktur sampai pada perubahan budaya dan pola hidup yang terus mengukuti trend zaman, sebuah perubahan yang selalu memiliki dampak positif dan negatif terhadap masyarakat. Banyak daerah pemekaran seakan lupa bahwa pendidikan merupakan salah satu pondasi terpenting dalam pembangunan suatu daerah. Pendidikan seolah terabaikan dan dirasa tidak lagi menarik dan penting untuk menjadi bagian dari proses pembangunan oleh penguasa.

Secara pribadi saya mempunyai sebuah persepsi bahwa pondasi pendidikan menjadi factor penentu terhadap arah dan proses pembangunan. Ada banyak Negara dan daerah menjadi bukti atas keberhasilan pendidikan dalam mengatasi berbagai persoalan kehidupan dan roda pemerintahan, namun membangun dunia pendidikan tidaklah seperti membangun sebuah bangunan, dunia pendidikan butuh waktu yang panjang dan keterlibatan semua pihak untuk dapat berjalan. Mungkin membangun sebuah rumah yang indah dan kokoh kita hanya membutuhkan waktu yang tidak lama, bisa jadi enam bulan atau setahun, tetapi membangun sebuah keluarga yang harmonis dan baik kita bisa jadi membutuhkan waktu yang lama dan membutuhkan proses dan keterlibatan seluruh anggota.
Kenapa pemimpin jarang menjadikan program pendidikan sebagai program utama ?

Tentu setiap daerah memiliki masalah dan pola pembangunan yang berbeda sesuai dengan kondisi daerah tersebut, namun bagaimana pun kondisi geografis dan demografi suatu daerah pendidikan tetaplah menjadi salah satu pilar terpenting sebuah pembangunan. Beberapa tahun terakhir sejak otonomi daerah memberikan kekuasaan yang besar terhadap kepala daerah, dunia pendidikan kerap dijadikan sebagai lahan untuk meraup pundi pundi rupiah dan menjadikannya bagian yang tak steril dari kepentingan politik. Mutasi terhadap guru dan kepala kerap dilakukan dengan dasar ketikdaksukaan penguasa, proyek – proyek pembangunan juga sering menjadi kue kue yang diperebutkan tanpa mempertimbangkan kualitas dan kebutuhan dari pendidikan tersebut. 

Faktor waktu juga menjadi pertimbangan dari penguasa, membangun pendidikan membutuhkan waktu yang tidak sebentar, bahkan hasil dari pembangunan itu terkadang dapat dirasakan dan terlihat setelah lebih dari sepuluh tahun. Mungkin inilah salah satu alasan yang membuat program pendidikan tak begitu menarik hati para penguasa, bahkan juga media cetak dan televisi. Namun sekiranya negara atau kota yang telah lebih dahulu merasakan percepatan pembangunan dapat menjadi saksi, betapa pendidikan merupakan escalator pembangunan yang memiliki dampak terhadap aspek kehidupan lainnya. Pendidikan dapat menciptakan masyarakat yang mandiri dan cerdas, pemerintahan yang bersih, kehidupan ekonomi yang baik dan beragam, bahkan juga budaya kehidupan yang santun dan saling bersinergi. 

Pendidikan mengambil banyak sekali peran dalam setiap perubahan, bagaimana pemuda terdidik bergerak dan berjuang lewat ilmu pengetahuan dalam melepaskan diri dari belenggu penjajah, bagaimana minimnya sumber daya alam dapat diatasi dengan kehadiran sumber daya manusia, bagaimana kekayaan alam dapat diekploitasi tanpa merusak lingkungan, bahkan sampai pada bagaimana seorang pemuda meraih mimpinya. Pendidikan punya peran yang begitu besar terhadap itu semua.

Ada banyak hal yang harus diperhatikan dalam membangun dunia pendidikan. Ketersediaan tenaga pengajar yang berkualitas, sterilnya dunia pendidikan dari kepentingan politik dan ekonomi, insfrastruktur yang memadai, keterlibatan orang tua dan masyarakat, political will dari penguasa, kepedulian media, hingga dana yang besar dan waktu yang lama. Jepang memberi contoh bagaimana mereka menjawab perubahan zaman ketika Eropa mulai melakukan perdagangan di Jepang, kemajuan Eropa begitu terasa berbeda dengan kondisi Jepang saat itu. Menjawab kegelisahan itu, kaisar pun melakukan perubahan besar “ restorasi meiji “ terhadap sendi – sendi pembangunan dan kehidupan. Setelah puluhan tahun, Jepang kini merasakan hasil dari sebuah pembangunan pendidikan yang mengantarkan mereka menjadi salah satu Negara ekonomi terkuat dan tercanggih di dunia.

Apakah daerah dapat melakukan ini ?

Ditengah kemajuan teknologi dan pengetahuan ini, ada banyak sekali masalah dan tantangan yang hadir dalam proses pembangunan dan bernegara. Tentu membangun dunia pendidikan tidaklah muda, ini membutuhkan sinergi dari aspek lain seperti ekonomi, hukum, serta politik. Ada banyak sekali contoh dan catatan sejarah yang dapat menjadi landasan terciptanya berbagai bentuk pola pembangunan pendidikan berdasarkan history dan kondisi suatu daerah. Tergantung apakah kita ingin belajar dari sejarah atau tidak mengambil pelajaran dari itu semua. Ditengah bonus demografi yang begitu besar, setiap daerah dan pemerintah pusat harus terus berkolaborasi menyiapkan sumber daya manusia yang memiliki world class competition namun tanpa melupakan gressroot understanding terhadap akar rumput bangsa ini. Sehingga bonus itu dapat menjadi suatu berkah buat semua dan anak cucu nantinya.


  • Share:

You Might Also Like

0 komentar