Program Sarjana Berbagi Cerita

By Si Anak Rimo - June 25, 2018


Bingung Memilih Jurusan ?
Sarjana Berbagi Cerita merupakan program yang kita susun karena keinginan bersama untuk berbagi kisah tentang jurusan kuliah dan pengalaman serta cerita inspiratif selama kuliah kepada adik – adik yang akan masuk ke dunia kampus. Kita yakin bahwa menentukan jurusan kuliah bukanlah hal mudah, bahkan banyak adik – adik yang merasa bingung saat memilih jurusan kuliahnya, sehingga jurusan yang dipilih tidak didasarkan pada bakat dan minat, melainkan mengikuti cerita teman - teman sekelompok atau mengikuti trend. 

Kita melihat bahwa memilih jurusan kuliah sangatlah  penting dalam menentukan arah masa depan yang kita pilih. Bayangkan saja setelah memilih, kita akan menggeluti jurusan yang kita pilih selama bertahun – tahun. Sehingga, kita mengharapkan melalui program berbagi bersama ini dapat memberi gambaran tentang berbagai variasi jurusan, baik itu cerita tentang pengalaman, materi kuliah, hingga kisah – kisah menarik sarjana selama kuliah. Sehingga adik – adik yang kuliah nantinya dapat mengambil jurusan sesuai dengan bakat dan passion dirinya.

Apa saja sih yang dituliskan dalam Program Sarjana Berbagi cerita ini ?

Kita mengajak para sarjana untuk berbagi cerita tentang cerita dan pengalaman selama kuliah di jurusan yang telah dipilih. Adapun hal – hal yang harus dituliskan dalam cerita ini antara lain :
  • Sekilas cerita dan kebiasaan saat masih duduk di bangku SMA. Baik itu pelajaran yang disuka, hoby atau pun cerita lainnya. Alasan memilih jurusan dan kampus.
  • Apa sih yang melatarbelakangi kuliah di jurusan dan kuliah di kampus yang telah kita pilih. Ceritakan sekilas tentang gambaran kampus kita.
  • Pengalaman paling berkesan selama kuliah. 
  • Pesan kepada adik - adik sebelum masuk ke dunia kampus. 
  • Sekilas tentang pendapat kita tentang korelasi jurusan kuliah terhadap lapangan kerja kedepan.    

Terus, format tulisan Sarjana Berbagi Cerita ini gimana ? 

Tidak ada format khusus sih untuk tulisan ini, yang terpenting tulisan yang dikirimkan mengandung hal - hal yang menjadi point penting dalam tulisan tersebut. Tulisan minimal 750 kata dalam bentuk Microsoft Word dengan font  Georgia dan size 12. Selain mengirimkan tulisan, Penulis juga harus mengirimkan biodata singkat lo, foto penulis serta jurusan kuliah dan kampus tempat menuntut ilmu.

Kemana tulisan ini bisa dikirimkan ? 

Kepada teman - teman yang ingin berkontribusi dalam program ini, tulisan dapat dikirimkan ke email
sianakrimo03@gmail.com. Seluruh kiriman tulisan nantinya akan dijadikan kumpulan – kumpulan kisah para sarjana dalam bentuk pdf untuk dapat disebarluaskan kepada adik – adik yang berada di sekolah. Selain dalam bentuk online, kita juga akan membagikan dalam bentuk offline dan diberikan ke sekolah – sekolah dan kelompok anak muda yang akan memasuki dunia kampus.

Lantas, apa sih tujuan dari semua tulisan ini nantinya ?

Kita berharap agar adik - adik yang akan kuliah mengetahui tentang gambaran jurusan yang akan dipilih nantinya. Baik materi kuliah maupun prospek kerja kedepan. Tentu kita tidak hanya bergerak dalam bentuk tulisan, namun juga tetap melakukan sosialisasi di sekolah - sekolah tentang pentingnya pendidikan dan gambaran jurusan kuliah.


Semoga melalui tulisan pengalaman dan kisah yang kita tuliskan, semangat untuk menuntut ilmu dan berkarya semakin tumbuh di daerah ini, sebagaimana dalam hadist " Barangsiapa yang menginginkan dunia maka hendaklah berilmu. Barangsiapa yang menginginkan akhirat, maka hendaklah dengan ilmu. Barangsiapa yang menginginkan keduanya, maka hendaklah dengan ilmu.”

Selamat menulis. Sepotong tulisan yang kita kirimkan akan menjadi inspirasi yang akan terus hidup dan menjadi referensi tambahan dalam memilih serta menjadi ikhtiar bersama memajukan dunia pendidikan di kampung halaman. 

Tulisan teman - teman sangat kita harapkan dalam memberi persepsi baru terhadap dunia kampus kepada adik - adik yang akan kuliah. Ditunggu ya. Terima kasih 

  • Share:

You Might Also Like

0 komentar