Pencarian Keumala Berakhir

By Si Anak Rimo - April 15, 2012





Banda Aceh menjadi saksi pertemuan dua remaja yang baru kenal. Rausan seorang remaja yang pemalu dan Keumala  Wanita berparas manis dengan hidung mancung bak wanita Arab seperti dalam kisah kisah negeri 1001 malam. Rausan pun sepertinya jatuh hati kepada keumala, sosok wanita yang baru saja membuka hatinya yang selama ini tidak pernah terbuka.


Rausan melewatkan hari - hari nya yang singkat di Banda Aceh dengan terus memperhatikan Keumala. Keumala tidak memperlihatkan kalau ia juga memperhatikan Rausan,mungkin ia  hanya menganggap Rausan sebagai sahabat barunya. Hari -  hari pun dijalani dan sampai lah pada acara perpisahan. Mereka pun berpisah dalam jangka waktu yang sangat lama.


Rausan bertahun tahun menantikan bertemu dengan sosok keumala, terkadang Rausan melihat wanita yang mirip dengan keumala. Terkadang Rausan berpikir apakah keumala juga merindukan pertemuan itu. Rausan terus berharap ketika ia kelak akan bertemu dengan Keumala dalam suasana penuh kerinduan. Setelah Rausan 6 tahun tidak bertemu dengan keumala akhirnya ia meneruskan pendidikan ke usnyiah di ibu kota provinsi yang sangat ia cintai. Rausan menjalani hari hari baru sebagai mahasiswa Unsyiah yang penuh dengan segudang kesibukan dan aktivitas. Sebenarnya Rausan berharap kuliah ke Semarang atau Yogjakarta tetapi orang tua meminta untuk dapat kuliah di banda Aceh.


Satu tahun kemudian Rausan bertemu dengan sosok paman bernama Faiz yang baru pulang dari Australia dan  dikenalkan ayahnya ketika ada acara keluarga. Paman faiz mirip sekali dengan aktor India dengan badan yang tegap dan sekolah yang tinggi. Rausan kiran pasti kelak Istri Paman Faiz adalah wanita yang Cantik dan Berpendidikan Juga. Rausan dan pamannya pun saling bertemu untuk sekedar basa basi dan cerita tentang kuliahnya dan belajar di Australia. Paman Faiz selalu bercerita dan memberi Rausan semangat untuk dapat terus belajar dan menjaga cita citanya apapun yang terjadi.


Paman yang sudah tak muda lagi sudah mulai fokus untuk mencari pendamping hidup yang akan menjadi teman mengarungi bahtera kehidupan, paman yang sangat ia kagumi dan hormati. Rausan sering diskusi tentang calon yang paman inginkan. Akhirnya paman memberi informasi kepada Rausan untuk datang kerumah tanggal 26 Maret 2012 karena ada acara yang paman nantikan selama ini.


Rausan pun mempersiapkan diri nya dengan penampilan layaknya seorang dosen dengan kemeja biru dan celana hitamnya dan mengendarai Jupiter Z Putih kesukaannya. Ketika Rausan ikut bersama rombongan menuju rumah mempelai wanita, Rausan terkejut dan tak sanggup menahan air mata dan ia langsung mundur ke belakang dengan wajah sedih tak terkira.duduk membisu laksana patung yang diam dan meneteskan air mata.



Ternyata mempelai wanita yang dilamar paman Faiz adalah Keumala,wanita yang selama ini ia nantikan, wanita yang selama ini membayangi perjalanan hidupnya. Sebagai Keponakan yang baik dan hormat kepada Paman , Rausan pun mengucapkan selamat kepada mempelai wanita dan pria dan sampai saat ini mempelai wanita tidak ingat lagi bahwa Rausan adalah sahabat ia ketika 7 tahun lalu dan Rausan tak akan pernah memberitahukan itu.


Rausan pun menuliskan sepotong pencariannya dalam kertas ini dan akan melupakan sosok keumala.Kini Rausan telah menemukan Keumala Baru yang bernama Fatin. Wanita yang ia jumpai di Mesjid Raya Baiturrahman.

  • Share:

You Might Also Like

0 komentar