Jaga Niat dan Mimpimu Anak Muda

By Si Anak Rimo - February 09, 2020




Sejak masih berada di sekolah dasar, saya begitu menyukai dan mencintai dunia politik, pemerintahan dan militer, sampai nyisihin jajan untuk beli majalah militer setiap terbit. Hingga dapatlah satu masa saya kembali jatuh cinta terhadap dunia baru, dunia pendidikan. Saya telah lama menyukai dunia ini karena sejak kecil selalu berada di lingkungan sekolah, selain itu ayah saya juga seorang yang bergerak di dunia pendidikan, tapi saya baru menambah kuota waktu untuk dunia baru ini setelah mengenal sosok Anies Baswedan 2008 silam, dunia yang saya yakini paling berdampak terhadap perubahan diri sendiri dan lingkungan.

Hingga satu persatu mimpi mulai saya tuliskan dan kejar perlahan, mimpi pengen bisa diriin perpustakaan Keumala Bangsa, Keumala Institute, hingga nantinya menjadi Keumala Group. hingga saya dapat mempelajari dunia yang saya impikan sejak kecil, politik pemerintahan, militer dan pendidikan. Tapi saya sadar, masuk dan berada di lingkaran politik tidaklah menjamin untuk menghandle berbagai kebutuhan logistik untuk menunaikan mimpi - mimpi kecil ini. Saya tak sanggup menutupi logistik meraih mimpi jika tak punya usaha sama sekali.

Akhirnya saya pun memilih meninggalkan dunia politik pemerintahan agar bisa belajar satu hal, dunia usaha. Dunia yang saya paling tidak suka dan tidak inginkan untuk saya tekuni. Saya butuh istirahat menyusun langkah dan mimpi baru. Saya ingin jadi pengusaha dan semua dimulai dari nol dan Allah berikan keberanian mengambil resiko resign dari kerja yang kata orang sangat enak dan menjanjikan sih. Lelahnya dunia politik sepertinya tak selelah dunia bisnis, karena saya sama sekali tidak pernah terpikir untuk menjadi Social Enterpreneur. 

Dulu saat kuliah, selalu berusaha berpakaian rapi, maklum sebagai anak desa kita tidak begitu mengerti perkembangan dunia fashion, sehingga kuliahnya pakai celana kain dan kemeja sedikit formal. Tapi lucunya setelah resign, saya selalu berusaha berpakaian sesimple mungkin, pakai kaos polos dengan kemeja yang terbuka dan celana jeans, walau sedikit telat mengikuti perkembangan ini, tapi sangat menyenangkan dan nyaman.

Dunia bisnis sangat menantang dan penuh dengan ide ide pembelajaran. Walaupun dengan modal sangat minim, sebagai anak muda kita punya kekuatan impian. Dan mimpi gila dan sontoloyo ini saya jalani dengan tenang karena sudah saya sampaikan kepada istri jauh sebelum kami menikah.

Setelah nanti genap setahun meninggalkan politik pemerintahan, sepertinya tak lama lagi akan kembali menekuni dunia yang sejak kecil menjadi awal dari semua mimpi, tapi dengan kondisi, tempat dan tantangan yang lebih menantang. Berada di balik layar politik dengan segunung kesibukan.

Alhamdulillah Allah izinkan saya belajar tentang dunia bisnis yang saya sendiri hampir saja menyerah menjalani tantangannya, sampai pengen mundur di tengah jalan dan melanjutkan pendidikan. Walaupun zona ini sangat tidak nyaman, tapi ini sangat aman untuk masa depan di hari esok. Menjadi Social Enterpreneur, pegiat sosial dan bisa keliling sharing bersama teman - teman untuk mengajak agar lebih banyak anak muda berani masuk ke dunia bisnis. Semoga dengan ikhtiar ini Aceh Singkil tercinta akan lebih baik.

Sukses terus untuk pengembangan Ekowisata Hutan Mangrove di Gosong Telaga Selatan, insya Allah akan memberi warna baru di dunia wisata kita. Bravo.

  • Share:

You Might Also Like

1 komentar