Asyiknya Ngeblog

By Si Anak Rimo - July 19, 2016



“ Orang boleh pandai setinggi langit, tapi selama ia tidak menulis, ia akan hilang di dalam masyarakat dan dari sejarah. Menulis adalah bekerja untuk keabadian.”
― Pramoedya Ananta Toer

Saya mulai ngeblog itu tahun 2012, usia yang masih terbilang muda untuk aktif di dunia blog.  Awalnya sih sederhana, waktu itu saya melihat sahabat menulis di blognya, mulailah rasa ketertarikan tentang blog tumbuh. Beberapa hari kemudian untuk mengobati rasa penasaran saya memintanya untuk membuatkan sebuah blog sebagai tempat menulis dan bercerita. Resmilah saya memiliki sebuah blog bernama " Rahmad Hidayat Munandar ", kebiasan menulis pun terus tumbuh dan alhamdulillah saya bisa memposting beberapa tulisan. Karena baru memulai dan masih semangat empat lima aku sering menghabiskan waktu untuk mempreteli blog baru, sesekali ketika ada kesalahan yang tak dapat ku selesaikan aku pun bertanya kepada sahabat yang membuatkan blog dahulu, dari Muhari saya banyak belajar tentang blog dan dunia internet lainnya. 

 
Mungkin banyak yang merasa ngeblog itu hanya buang – buang waktu belaka. Menghabiskan waktu untuk menulis sesuatu yang belum tentu dibaca oleh orang lain. Namun seiring waktu aku menjalaninya dengan penuh rasa santai sekaligus media untuk belajar menulis. Bercerita tentang kisah hidup, pengalaman, kegiatan sehari – hari sebagai mahasiswa, mendokumentasikan setiap perjalanan serta yang paling penting itu adalah menuliskan ide dan gagasan kita. 

Ada yang bertanya, apa sih untungnya punya blog ?

Blogging itu dapat mempertajam writing skill kita lo, seiring perjalanan waktu kemampuan kita untuk menulis juga akan semakin terasah. Mempertajam observasi dan imajinasi kita. Kita bisa memulai dengan menuliskan hal – hal sederhana, baik yang kita lihat, rasakan atau alami dalam kehidupan sehari - hari. Jika kita punya ide dan gagasan akan suatu objek, kita punya ruang untuk mempublikasikan tulisan kita tanpa mengeluarkan biaya sedikit pun. Blogging juga bisa menambah teman yang punya interest sama bahkan membuat sebuah kegiatan bersama, menulis atau travel bersama contohnya.

Kebetulan blog saya itu tipe blogger personal, sehingga banyak bercerita tentang kehidupan dan kegiatan sehari – hari yang saya jalani. Berisi catatan harian tentang waktu – waktu yang ku habiskan bersama teman – teman diruang kelas maupun lingkungan luar. Biasanya blogger ini paling mudah dan banyak kita temui di dunia blog. Sebenarnya saya bukan seorang travel blogger, tetapi saya sangat suka travelling menyusuri setiap sudut keindahan negeri ini, itulah kenapa blog ini berisi banyak kisah jalan – jalan. Ada kepuasan tersendiri ketika kita menuliskan cerita dan pengalaman, walaupun hanya kita sendiri yang akan membaca tulisan dalam blog tersebut.

Susah ndak sih mengelola blog ?

Kalau mengelola blognya sih sangat mudah dan simple, hanya beberapa jam saja kita sudah bisa mengelola blog sederhana kok. Satu yang paling susah menurut ku, menjaga semangat untuk terus menulis. Walaupun kita memiliki banyak ide dan cerita yang mau kita bagikan, tetapi bagi pemula seperti saya sangatlah sulit apalagi menulis bukanlah suatu pekerjaan rutin.  

Menjaga semangat untuk terus menulis ternyata tidak mudah, bahkan saya pernah vakum beberapa waktu untuk menulis di blog, ada rasa bersalah ketika membiarkan blog tak tersentuh oleh tulisan – tulisan. Seiring berjalannya waktu, blog ini pun terus tumbuh dan berkembang, tahun 2015 lalu seiring perjalanan waktu saya merasa nama blog ini terlalu panjang, akhirnya setelah berpikir panjang digantilah menjadi " Si Anak Rimo ". nama ini ku pilih karena terinspirasi dari buku si anak singkong, saya hanya mengganti ujungnya saja menjadi rimo karena saya lahir dan tumbuh di Rimo. Walaupun awalnya pengunjung blog ini berkurang drastis, setelah membaca di google bahwa dengan mengganti halaman blog berarti kita akan memulai dari nol. 

Beberapa tulisan mampu membuat seseorang tersenyum entah itu sambil meringis atau manis. Beberapa tulisan mampu menginspirasi, entah itu untuk menuliskan isi hati atau jujur pada diri sendiri. Beberapa tulisan, bahkan, bisa mengubah jalan hidup seseorang dan mengambil keputusan penting, entah itu karena ia merasa disadarkan atau bahkan dilarikan dari kenyataan. Tunggu apa lagi, mari menulis.

  • Share:

You Might Also Like

0 komentar