Memilih Jurusan Kuliah

By Si Anak Rimo - July 02, 2016



“ Kita harus merencakan mimpi terlebih dahulu sebelum mimpi itu jadi kenyataan "

-   Si Anak Rimo -  

Masih tergambar jelas dalam ingatan bagaimana saya dahulu memulai mimpi – mimpi untuk menjadi mahasiswa. Sebuah perjalanan yang tak mudah karena membutuhkan usaha dan kesungguhan tekad dari sang pemimpi. Waktu itu ditahun 2010, saya sudah menuliskan sebuah nama kampus, kampus yang akan menjadi tempat menuntut ilmu dan tumbuh berkembang bersamanya. Sebelum mengikuti ujian masuk bersama atau yang biasa disingkat dengan “ UMB “, ada sebuah jalur lagi untuk masuk ke perguruan tinggi tanpa tes yaitu jalur “ Undangan “. Setiap kampus akan memberikan undangan kepada sekolah – sekolah untuk mengirimkan siswa – siswi terbaiknya untuk mengirimkan berkas berdasarkan pada nilai – nilai raport. Biasanya mereka yang mendapat undangan adalah siswa – siswi berprestasi mulai dari peringat satu sampai sepuluh, namun biasanya sanak – saudara guru juga tak akan ketinggalan. Begitulah dulu ketika kami hendak masuk ke universitas, banyak tahapan dan jalur yang dapat ditempuh. Namun tak mudah menembus semua tahapan itu.

Jika kita tidak lulus di jalur undangan atau memang tidak ikut jalur ini, masih banyak jalur yang bisa kita pilih waktu itu. Ada jalur UMB, SMPTN, dan Jalur Mandiri. Setiap tahapan memiliki kuota tersendiri. Sehingga tidak ada alasan kita untuk bersedih jika gagal waktu itu. Saat mendaftar Saya memilih jurusan Sistem Informasi kampus UI, Hukum Internasional dan Ilmu Politik, eh ternyata saya lulusnya di Ilmu Politik Unsyiah. Sejujurnya, ini bukan yang diharapkan, saya sangat berharap bisa lulus dan kuliah di Pulau Jawa.

Setelah lulus dan menjalani kuliah, Saya sama sekali tidak ada masalah urusan akademis karena memang Saya suka semua mata kuliah dan memiliki bakat dan minat di jurusan ini. sedikit memberi tahu bahwa kuliah di jurusan Ilmu Politik itu kita akan banyak bertemu dengan tema negara dan kekuasaan serta kebijakan, jika kamu tidak suka sama tema – tema ini sangat dianjurkan jalan memilih jurusan Ilmu Politik. Pilihan jurusan sangat berkaitan erat dengan bakat dan minat kita selama sekolah dahulu, jangan pernah coba – coba masuk teknik kalau kami tidak suka matematika dan ilmu eksakta lainnya. Bijak dan tepatlah memilih jurusan agar kita dapat tumbuh berkembang dengan cepat ketika menjadi mahasiswa.
***
Memilih jurusan kuliah merupakan salah satu pilihan terpenting dalam hidup, kita akan menjalani waktu bertahun – tahun dengan jurusan yang telah kita pilih, maka sebelum memilih pikirkanlah dengan matang. Karena kalau sampai salah memilih jurusan maka kita akan kesulitan untuk kembali memulai dari awal. Ada banyak orang yang salah mengambil jurusan, bukan jurusannya yang salah melainkan orang itu sendiri, ia terkadang hanya mengikuti arus dan trend padahal bakat dan minatnya tidak di jurusan itu. Ada banyak masalah yang akan dihadapi ketika salah jurusan :
  • Masalah phisikologis: tidak menikmati perkuliahan
  • Masalah akademis: tidak maksimal dalam perkuliahan, ujungnya nilai yang diperoleh tidak memuaskan
  • Masalah hubungan: minder karena gak bisa mengikuti perkuliahan
  • Kemungkinan terburuk, mengulang jurusan lain dari awal.
Semua itu saling berhubungan, namun jangan khawatir berlebihan jika kita tidak begitu menyukai pilihan jurusan yang sedang dijalani, selama kemampuan akademis mendukung  kita akan bisa menjalani perkuliahan kok. Karena setelah lulus kuliah pun, banyak orang yang bekerja tidak sesuai dengan bidang perkuliahan yang pernah dijalaninya. Tapi, lagi-lagi, bukankah lebih baik jika kita melSayakan pekerjaan yang benar-benar kita pahami baik dari segi teoritis? Dan lebih baik lagi kalau kita senangi. Seperti kata Steve Jobs, penemu Apple, kepada mahasiswanya. Mari kita memberanikan diri mengikuti kata hati kita, ia lebih tau yang kita inginkan. 

Sebelum memilih jurusan dan universitas, ada baiknya kita melihat beberapa pertimbangan terlebih dahulu agar tidak salah menentukan pilihan.

Memahami bakat dan Kemampuan kita, kita akan lebih mudah menjalani suatu pekerjaan itu jika kita memiliki bakat dan kemampuan dibidang tersebut. Jangan menerima mentah – mentah pilihan orang lain, apalagi sampai mengikuti trend yang berkembang. Walaupun jurusan yang kita pilih itu berat, selama kita punya kemampuan dan minat di bidang itu insya allah akan berjalan dengan baik kok. Semisal jika ingin kuliah di ekonomi, kita harus kuat di pelajaran matematika dan ekonomi itu sendiri, jangan sampai kita bakatnya di biologi tapi kuliahnya di olaraga dst. Kemampuan sangat mempengaruhi bagaimana kita menjalani perkuliahan itu.

Kumpulkan Informasi, dizaman serba canggih ini mencari informasi sangatlah mudah, hanya tinggal membuka internet di smartphone atau laptop, kita dapat menelusuri hal yang kita inginkan lewat mesin pencari. Lihat informasi tentang kampus dan jurusan yang hendak dipilih, cari info akan rating dan fasilitasnya, berapa biaya spp dan biaya lainnya. Ini semua penting karena akan sangat mendukung tumbuh kembang kita di kampus nantinya. Salah satu hal yang paling penting lainnya adalah rincian dana dan biaya hidup selama disana, kita harus menyesuaikan kemampuan budget dengan kota pilihan kita. Namun jangan panik, kita masih dapat mencari beasiswa dan sumber pendanaan lainnya.

Prospek Kedepan, pertimbangan selanjtunya adalah  apakah jurusan yang dipilih tersebut bisa mengantarkan kita untuk berkarir seperti yang kita idamkan? Untuk mengetahui hal tersebut, banyak lah bertanya, minta nasehat, dan gali sebanyak-banyaknya penjelasan / gambaran tentang jurusan dan universitas diinginkan. Seperti pada akhirnya saya mengetahui, bahwa kuliah di jurusan Ilmu Politik memiliki prospek yang sesuai dengan yang saya inginkan. Namun, tak ada yang dapat menjamin bahwa lulusan universitas akan mendapat kemudahan mencari pekerjaan. Semua kembali kepada pribadi masing – masing, satu strategi terbaik yang dapat kita siapkan menghadapi perkembangan global ialah meningkatkan kualitas dan etos kerja. Saat ini, kualitas menjadi penentu kita untuk dapat bersaing dengan dunia global.

Saya berharap semoga kita dapat merencanakan mimpi dan harapan kita dengan baik, sehingga kuliah yang kita pilih dan jalani nantinya dapat berjalan baik dan lancar.  Sukses selalu pemburu ilmu. Amin

  • Share:

You Might Also Like

0 komentar