Apakah anda memiliki sahabat ?

By Si Anak Rimo - July 07, 2013

Semua kita mempunyai sahabat tetapi tidak semua orang mengerti apa itu sahabat. Sahabat dalam bahasa identik dengan teman tetapi tidak semua teman dapat dikatakan sahabat. 

Tidak sempit lubang jarum untuk dua orang yang bersahabat dan tidak luas dunia ini bagi dua orang yang berseteru

Kata ini sangat memberi pelajaran berharga bahwa sekecil apapun ruang itu ketika ditempati dua orang yang bersahabat maka ruang itu terasa luas sekali. Berbeda dengan dua anak manusia yang bermusuhan, dimana pun ia berada maka dunia ini terasa sangat kecil sekali. Sehingga ada sebuah pesan bijak mengatakan bahwa kalau anda diajak berpergian maka yang anda harus tanyakan adalah dengan siapa anda pergi bukan kemana anda akan pergi. Setelah itu baru anda bertanya kemana anda pergi. Bisa jadi anda sebenarnya saat itu sangat malas berpergian tetapi ketika mengetahui bahwa teman anda pergi adalah sahabat yang anda cintai maka anda mungkin akan pergi walaupun pergi ke tempat yang tidak anda suka. 

Tetapi ketika anda berencana pergi berliburan dan mengetahui dengan siapa anda pergi maka semua rencana bisa batal karena anda tidak suka dengan teman berpergian mu. Sahabat bukanlah mereka yang selalu bersama dengan kita. Sahabat ialah mereka yang selalu mengisi hati kita dengan kasih sayang dan cinta sehingga seorang sahabat tidak akan membiarkan sahabatnya terjerumus kedalam jalan yang salah. Persahabatan tidak dapat dipisahkan oleh jarak dan waktu, boleh saja anda setiap hari bersama dengan seorang teman tetapi sahabat anda berada jauh di negeri orang sana.

Mencari sahabat bukanlah hal yang mudah. Sahabat. Ya, orang yang dianggap paling dekat dengan diri kita. Kehadirannya menyiratkan keberartian. Ada rasa nyaman dan senang saat bersamanya. Sekat-sekat antar pribadi itu longgar. Dalam batas tertentu, kita bisa leluasa untuk menyelam hingga pada pribadi dan hati yaang terdalam.

Sahabat, menyimpan banyak hal. Jika hendak mengetahui seseorang,  maka lihatlah siapa sahabatnya dan  tanyakanlah pada para sahabat di sekelilingnya. Siapakah kita ?  Kita, adalah apa yang dikatakan oleh para sahabat. Jika mereka berkata baik maka baiklah kita tetapi ketika mereka mengatakan kita buruk maka apa yang mereka katakan tidak jauh berbeda dengan sebenarnya. Maka, perlakukan sahabat dengan sebaik-baiknya.
 
Apakah anda memiliki sahabat ? Ceritakanlah pengalaman Anda!

  • Share:

You Might Also Like

0 komentar